Turut Tingkatkan IPM Cianjur, 196 Mahasiswa UNPI Lulus Wisuda

CIANJUR – Sebanyak 196 Mahasiswa-mahasiswi Universitas Putera Indonesia (UNPI) Cianjur lulus Wisuda ke -19 2023, di Gedung Pangrango, Hotel Le Eminance, Kecamatan Cipanas pada Kamis (26/10/2023).

Dari 196 wisudawan dan wisudawati ini terlantik dari empat fakultas yakni Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Sastra, Fakultas Teknik, dan Fakultas Ekonomi,” ujar Rektor UNPI Cianjur Astri Dwi Andriani saat ditemui Cianjur Ekspres.

Rektor UNPI Cianjur, Astri Dwi Andriani mengatakan, meskipun dunia pendidikan terhalang kerena pandemi global dan gempa mengguncang Cianjur beberapa waktu lalu, tapi lulusan di angkatan 2023 ini, jumlahnya relatif stabil.

“Kita bersyukur lulusan tahun ini relatif stabil walaupun sebelumnya kita sudah diterpa Covid-19 juga gempa. Tapi yang paling tinggi kita pernah melantik 250 wisudawan dan wisudawati,” kata dia.

UNPI Cianjur sendiri, lanjut Astri, memiliki visi yang sama dengan Pemerintah Kabupaten Cianjur, yakni meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sektor pendidikan di Kota Santri.

“Cita-cita UNPI sendiri ingin menjadikan Kabupaten Cianjur sebagai kota tujuan utama pendidikan. Banyak hal yang sudah kita lakukan salah satunya kerjasama internasional,” kata dia.

Astri mengungkapkan, untuk meningkatkan IPM, UNPI tidak akan lepas dari Tri Dharma. Selain itu, saat ini sudah melakukan pertukaran pelajar, maski masih di tingkat nasional.

“Seperti ada mahasiswa kita yang dibimbing skripsi oleh dosen dari universitas lain. Rencana kedepan kita akan gelar join roset konverensi internasional sehingga ide dan gagasan besar ilmu pengetahuan bisa tersebar luas bukan hanya di Cianjur atau Indonesia, tapi juga ke kancah internasional,” kata dia.

Menurutnya, saat ini kurang lebih ada 1.300 mahasiswa di UNPI, sedangkan untuk sarjana yang sudah dicetak oleh UNPI jumlahnya sudah mencapai ribuan karena UNPI sudah terbentuk dari 1987.

Sementara itu, Bupati Cianjur, Herman Suherman mengatakan, adanya Perguruan Tinggi di Cianjur sangat membantu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

“Tentunya dengan keberadaan UNPI ini bisa mendorong peningkatan IPM di Cianjur. Saya mengajak generasi muda agar kuliah di Kabupaten Cianjur supaya IPM kita di dongkrak oleh mahasiswa,” kata Herman.

Herman mengungkapkan, Perguruan Tinggi Nasional (PTN) merupakan Universitas unggulan di Indonesia. Bahkan Pemkab Cianjur juga akan mendorong agar adanya Universitas di Cianjur Selatan.

“Kemarin ada yang datang dari UNPAD, IPB, melakukan MOU. Disamping mendorong adanya Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Universitas-universitas swasta lainnya salah satunya UNPI Cianjur,” pungkasnya. NDI/SYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.