Turunkan HTM, Taman Wisata Matahari Masih Sepi Pengunjung

CISARUA – Taman Wisata Matahari (TWM) di Desa Leuwimalang, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, sempat mendapatkan predikat sebagai wisata rakyat saat itu karena tiket masuk yang dianggap murah.

Namun seiring berjalan waktu, predikat tersebut mulai hilang sejak management di tempat wisata ini berubah. Apalagi, sejak sang pemilik Hari Darmawan meninggal dunia.

Selain tiket masuk menjadi mahal, sejumlah fasilitas pun dinilai pengunjung sudah tidak merakyat, harganya relatif mahal.

Pada saat sang pemilik masih hidup, Harga Tiket Masuk (HTM), hanya tiga sampai enam ribu rupiah. Namun sejak sang owner meninggal, HTM mengalami kenaikan terus menerus, dari mulai Rp15 ribu, Rp20 ribu dan sempat mencapai Rp60 ribu sebelum pandemi.

General Manager TWM, Erwan setiawan mengatakan, kenaikan HTM di tempat wisata ini disesuaikan dengan operasional TWM sendiri. “Dan ini menurut saya masih murah dibanding tempat wisata lainnya,” ujar Erwan

Di masa pandemi, HTM Taman Wisata Matahari hanya Rp.25 ribu, namun meski harga diturunkan dari sebelum pandemi, kunjungan ke tempat wisata ini turun hingga 70 persen.

“Pandemi benar-benar memukul usaha wisata,” tandasnya. =YUS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.