Turki 4 vs 2 Belanda: De Oranje Babak Belur di Istanbul

Burak Yilmaz sukses mencetak tiga gol ke gawang Belanda. IST

BOGOR – Duel Turki melawan Belanda berakhir dengan kejutan. Tanpa diduga, laga pertama kualifikasi Piala Dunia 2022, Grup G zona Eropa itu dimenangkan tuan rumah. Tidak tanggung-tanggung Ay-Yldzllar — julukan Timnas Turki — dengan skor 4-2.

Pada laga yang berlangsung, di Ataturk Olympic Stadium, Kamis (25/3/21),dini hari waktu Indonesia barat itu, De Oranje –julukan Timnas Belanda — sejatinya lebih diunggulkan.

Selain punya skuad mumpuni, di mana pemainnya membela klub besar di Benua Biru, Negeri Kincir Angin juga punya lebih banyak pengalaman.

Saat meladeni Turki, pelatih Frank de Boer menurunkan bintang, seperti Matthijs de Ligt (Juventus), Daley Blind (Ajax Amsterdam), Georginio Wijnaldum (Liverpool), Frenkie de Jong (Barcelona) hingga Memphis Depay (Lyon).

Selain itu, Belanda juga belum terkalahkan selama lima laga beruntun, di mana dua di antaranya berujung kemenangan. Kenyatannya, pada pertandingan pertama di tahun 2021 itu, mereka malah dibuat babak belur oleh Turki.

Pada duel itu, Turki bahkan bisa memimpin dulu 2-0. Burak Yilmaz menggetarkan jala Belanda pada menit ke-15’. Penyerang Lille OSC itu kemudian menggandakan keunggulan tuan rumah menjadi 2-0 di menit ke-34’ lewat titik putih.

Hakan Calhanoglu menambah luka Belanda saat babak kedua baru berjalan satu menit, setelah meneruskan umpan Umut Meras (46’). Tetinggal 0-3, Belanda mencoba mencari gol balasan.

Upaya mereka baru berhasil di menit ke-75’ lewat Davy Klaassen. Belanda mencetak gol lagi dua menit kemudian melalui Luuk de Jong yang turun pada menit ke-52’ menggantikan Marten de Roon.

Tapi, upaya tim De Oranje, pada akhirnya sia-sia. Sebab, Yilmaz mencetak gol ketiganya alias hattrick di menit ke-81’ yang sekaligus menyudahi laga dengan skor 4-2.

Kemenangan ini meningkatkan kepercayaan diri pemain Turki untuk bisa merebut tiket lolos ke putaran final Piala Dunia tahun depan.

 “Kami ingin memenangi seluruh pertandingan. Sebelum laga ini, kami bicara dengan para pemain kami, dan bilang bahwa kami harus tampil sebaik mungkin, tidak boleh tidak. Saya ingin menyelamati para pemain, hasrat mereka begitu luar biasa,” ujar pelatih Turki, Senol Gunes di situs resmi UEFA.

Pasukan Senol Gunes, selanjutnya akan menghadapi Norwegia, pada 27 Maret dan Latvia 30 Maret mendatang.=URI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.