Tuntut Kenaikan UMK, Buruh Kepung Pemkab Cianjur

Aksi Buruh blokade perempatan Rawabango dan lakukan longmarch menuju Pemkab Cianjur dan Istana Cipanas. Endi | Pakar

CIANJUR – Ribuan buruh melakukan aksi long march dari kawasan pabrik menuju pendopo Cianjur, Selasa (23/11/2021). Aksi tersebut mengakibatkan kelumpuhan lalu lintas di Jalan Nasional Cianjur-Bandung karena memblokade Jalan.

Selama beberapa jam sejak pukul 08.00 WIB, buruh dari berbagai sudut dan didominasi dari kawasan pabrik di Sukaluyu merangsek masuk ke kawasan kota Cianjur.

Kendaraan besar seperti bus dan truk tertahan beberapa jam di perempatan Rawabango Kecamatan Karangtengah. Hingga siang pukul 11.00 WIB kendaraan masih belum bisa bergerak.

Kasatlantas Polres Cianjur AKP Mangku Anom mengatakan, untuk sementara arus kendaraan yang dilintasi oleh buruh dialihkan ke jalur alternatif Mande atau kawasan Karangtengah Selajambe. “Masih kami pantau situasinya kendaraan kecil bisa menuju jalur alternatif, lalu untuk Cipanas juga masih kami pantau,” katanya, Selasa (23/11/2021).

Ribuan buruh pada hari ini berencana melakukan aksi unjukrasa di dua tempat yakni di Pendopo Pemkab Cianjur dan di kawasan Istana Cipanas.

Seperti diketahui aksi buruh dilakukan menuntut kenaikan UMK Cianjur yang hari ini rencananya akan diplenokan oleh Dewan Pengupahan dan Pemkab Cianjur untuk kemudian dikirimkan ke tingkat provinsi. NDI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.