Tujuh Kontainer Surat Suara DPR RI Tiba di Gudang Logistik KPU Kabupaten Bogor

Petugas gudang logistik KPU Kabupaten Bogor di Kecamatan Klapanunggal sedang menurunkan surat suara DPR RI. (Yusman | Pakar)

KLAPANUNGGAL – Tujuh kontainer surat suara baru saja masuk ke gudang induk Komisi Pemilik Umum (KPU) Kabupaten Bogor di Desa Bantarjati, Kecamatan Klapanunggal, Kamis (7/12/2023).

Ketua KPU Kabupaten Bogor, Heri Setiawan mengatakan, hari ini pada pukul 10.00 WIB gudang KPU Kabupaten Bogor menerima sebanyak 3.974,004 surat suara untuk DPR RI.

“Surat suara ini kita sengaja kita kawal dari Baweng, Semarang sampai ke Klapanunggal,” ujar Heri Setiawan saat berada di Gudang Logistik, Kamis (7/12/2023).

Selain surat suara DPR RI, nanti juga akan datang surat suara dari DPRD Provinsi dan pihaknya juga masih menunggu surat suara Presiden dan Wakil Presiden serta lainya.

Selanjutnya, pihak KPU akan memeriksa kondisi surat suara. “Apakah ada yang rusak atau sesuaikah dengan kebutuhan KPU Kabupaten Bogor, kita akan cek, makanya kita belum tandatangani,” terang Heri.

Heri juga mengaku, gudang KPU Kabupaten Bogor di Klapanunggal ini telah menerima ful kotak suara, bilik suara, plastik kotak, tinta, segel kotak, segel formulir berikan alat coblos sudah ada didalam kotak suara.

“Plastik selongsongnya dan plastik kotak kemudian tinta, lalu segel kotak dan segel formulir sudah kita terima dan sudah kita set berikut alat coblos sudah ada di dalamnya juga, nah sebagian formulir juga ada di kotak suara,” ucapnya.

“Kotak suara yang sudah diset dan ada di sini sebanyak 1.228, dan kotak suara ini baru untuk Presiden dan Wakil Presiden, dan sisanya di belakang belum dirakit ada empat kotak suara lagi untuk DPD RI, DPR RI, DPD Provinsi dan DPD Kabupaten Bogor,” bebernya.

Lanjut dia, untuk pendistribusian sendiri akan dilakukan setelah seting kotak suara selesai dan seting perlengkapan selesai.

“Dan baru kami akan distribusikan terutama bilik suara. Cuma kami juga harus menunggu kesiapan laporan dari gudang kecamatan terlebih dahulu,” ungkapnya.

Ia menambahkan, dalam pendistribusian logistik nanti, KPU Kabupaten Bogor tentunya akan melibatkan sejumlah stakeholder. “Ada Pemda, kepolisian, TNI dan Bawaslu, dan waktu akhir pendistribusian sekita tiga hari menjelang pemilihan,” ungkapnya.

“Januari kemungkinan baru bilik suara terlebih dahulu yang akan didistribusikan, untuk semua jenjang itu di awal Februari,” pungkasnya. =YUS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.