Training Center Tirta Pakuan Bisa ‘Dinikmati’ se-Indonesia

Dirut Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor, Rino Indira Gusniawan saat menjelaskan perkembangan Training Center Tirta Pakuan yang sekarang ini masuk tahap finishing pembangunannya. IST

BOGOR – Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor saat ini sedang membangun gedung Training Center Tirta Pakuan yang akan menjadi pusat pelatihan peningkatkan kompetensi, potensi dan juga kapabilitas ‘tukang ledeng’ yang juga bisa dimanfaatkan oleh PDAM seluruh Indonesia.
Direktur Utama (Dirut) Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor, Rino Indira Gusniawan mengatakan, progres pembangunan gedung Training Center PDAM yang berlokasi di Jalan Raya Tajur, Kecamatan Bogor Timur, saat ini memasuki tahapan finishing sejak peletakan batu pertamanya pada 6 Desember 2023 lalu. Ia menargetkan dan berharap pada Agustus 2024 nanti bisa rampung dan diresmikan.

“Ini dijajakinya kan sudah lama ya sekitar 2 tahunan ini. Sekarang ini, pembangunan sedang tahapan finishing. Mudah-mudahan bisa beres di bulan Agustus dilanjutkan pembangunan interiornya termasuk dengan alat tekniknya disana. Jadi, pengetahuan tentang air minum itu tidak hanya sebatas teori tetapi secara praktek di lapangan,” kata Rino, Rabu (3/7/2024).

Rino menyebut, gedung Training Center PDAM ini akan menjadi tempat pelatihan air minum milik Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor, satu-satunya di Indonesia, yang lengkap dengan berbagai macam alat demo teknik di sana. Pusat pelatihan ini, nantinya bukan hanya untuk pegawai PDAM saja tapi kedepan untuk pegawai-pegawai PDAM di seluruh Indonesia.

“Ini bisa menjadi bahan diskusi untuk para Badan Perencanaan Pembangunan Riset dan Inovasi Daerah (BAPPERINDA) seluruh Indonesia, untuk menentukan kebijakan-kebijakan tentang air minum. Termasuk membuat komitmen bersama dengan mengajak para walikota melalui APEKSI untuk juga memberikan informasi tentang air minum di tempat training centernya. Mudah-mudahan ini terlaksana di beberapa tahun ke depan,” harapnya.

Diketahui, gedung Training Center Tirta Pakuan dengan luas bangunan 327 meter setinggi dua lantai dengan fasilitas tujuh ruang kelas itu dibangun di lahan eks area gudang seluas 1.117 meter.

Meski belum diresmikan, namun program pelatihannya sudah dimulai pada 17 April 2024 lalu dengan tambahan sub departemen baru yaitu sub departemen pendidikan dan pelatihan. Pelatihan itu diikuti oleh beberapa peserta dari Perumda Tirta Pakuan dan beberapa karyawan PDAM se-Jawa Barat.

Untuk pengajar, Tirta Pakuan bekerja sama dengan Persatuan Perusahaan Air Minum seluruh Indonesia (Perpamsi). Sedangkan terkait dengan kegiatan pelatihan teknis, selain dari internal pengajarnya juga bekerja sama dengan beberapa vendor pemasangan pipa termasuk vendor aksesoris untuk valve, perpompaan dan display terkait dengan scada.=ROY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.