Tradisi Gotong Royong Masih Kental Dilakukan Warga Kubang

Warga Kampung Kubang saat gotong royong rehab rumah warga. Yusman | Pakar

CIJERUK – Siapa bilang budaya gotong royong telah pudar di tengah masyarakat. Ternyata, kebiasaan melakukan sesuatu secara bersama-sama ini masih lekat dilakukan warga Kampung Kubang RT 04 RW 03 Desa Cipicung, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor.

Hal itu terlihat saat puluhan warga Kampung Kubang merehab rumah warga yang kondisinya tidak layak akibat lapuk di makan usia.

Ketua RW 04, Yayan mengatakan, di Kampung Kubang memang masih menjaga budaya gotong royong dalam setiap kegiatan ataupun aksi sosial.

“Seperti saat ini ketika ada informasi ada rumah warga kurang layak huni, masyarakat secara bersama-sama memperbaiki nya, baik tenaga maupun materi,” ujar Yayan kepada wartawan, Minggu (11/4/2021).

Selain kekuatan gotong royong, rehab rumah warga ini juga didukung Bhabinsa Desa Cipicung,”Alhamdulilah kita didukung Pemdes dan juga Bhabinsa,” ungkapnya.

Rehab rumah milik Ganda ini dikarenakan kondisi rumah tersebut sudah terlihat nyaris roboh. Maka, setelah melalui musyawarah disepakati rumah itu direhab melalui swadaya warga Kampung Kubang.

“Musyawarah bersama pihak pemerintah Desa, Bhabinsa, ketua RT serta warga Kubang, sepakat kami swadaya memperbaiki rumah pak Ganda,” ucapnya.

Namun begitu, Pemerintah Desa Cipicung tetap akan memasukan rehab rumah tersebut dalam program Rutilahu.

Melalui kekutan gotong royong, sejumlah barang material pun terkumpul dengan cepat seperti sumbangan semen, pasir, bambu hingga tenaga.

Sementara itu, Bhabinsa Desa Cipicung, Kopral Satu Fredi Andriyan mengapreasi kekompakan warga Kampung Kubang serta unsur Pemerintah Desa yang masih peduli dengan warga yang kurang mampu.

“Ternyata dengan gotong royong semuanya bisa terlaksana,” terangnya.

Ia menambahkan, sebagai Bintara Pembina Desa berkewajiban untuk merangkul semua warga, baik pembinaan, keamanan dan juga mengajak warga peduli dengan tetangganya yang kurang mampu. =YUS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.