TPU Dreded Dipadati Ribuan Peziarah di Hari Pertama Idul Fitri

Inilah salah satu keluarga yang melakukan ziarah di TPU Dreded, di hari pertama Idul Fitri tahun 2022. (Ist)

BOGOR – Hari pertama perayaan Idul Fitri 1443 Hijriah, Tempat Pemakaman Umum (TPU) Dreded yang berlokasi di wilayah Kelurahan Empang, Kecamatan Bogor Selatan, dipadati ribuan warga yang berziarah, Senin, (2/5/2022). Para peziarah dari berbagai daerah baik dari wilayah Kota Bogor maupun dari luar daerah mulai berdatangan sekitar pukul 09.00 WIB.

Ziarah kubur sudah menjadi tradisi di hari Lebaran, di mana orang tak hanya bersilaturahmi ke keluarga dan kerabat yang masih hidup, tetapi juga mendoakan mereka yang telah tiada. Terdapat dua pintu yang digunakan warga untuk memasuki TPU Dreded, pertama melalui pintu Taman Makam Pahlawan dan kedua di Jalan Dredes, Layungsari.

Salah satu peziarah, KH. Asep Saepudin mengatakan, ziarah di hari pertama lebaran menjadi rutinitas dan tradisi keluarga untuk mendatangi makam-makam keluarga yang sudah meninggal. Ia mengaku melakukan ziarah setelah selesai melaksanakan ibadah Shalat Idul Fitru. “Yaa, kita mendoakan orangtua kita atau saudara kita yang sudah meninggal,” ujarnya.

Peziarah lainnya, Abdulloh asal Jakarta mengatakan, setiap lebaran ia dan keluarganya rutin mengunjungi makam di Dreded. “Iya sudah tradisi ziarah ke makam pas lebaran. Engga cuma keluarga kami, tetapi semua umat muslim pasti begitu, ziarah ke keluarga yang sudah meninggal,” ucapnya.

Ribuan warga yang melakukan ziarah tidak hanya dari wilayah Bogor dan sekitarnya. Namun, ada juga dari luar Bogor seperti dari Depok, Bandung, Palembang, bahkan dari Riau.

“Alhamdulillah, keluarga kami masih bisa menyempatkan untuk berziarah ke makam keluarga yang disini. Memang sudah lama juga engga ziarah kesini, tahun sebelumnya kan aturan pemerintah masih ketat,” kata Budi warga Palembang.

Pantauan dilapangan, warga yang berziarah ke TPU Dreded tahun ini cukup padat. Terlihat warga saling berdesakan saat akan memasuki TPU, apalagi didepan pintu masuk TPU banyak pedagang bunga dan parkir kendaraan sehingga semrawut dan menyebabkan kemacetan.

Ditempat terpisah, Kepala UPTD Pemakaman Kota Bogor, Toto Gunarto menjelaskan, pihaknya menyiagakan petugas diseluruh makam di Kota Bogor. Disetiap makam, disiapkan sebanyak lima lubang liang lahat sebagai antisipasi bagi warga yang meninggal selama lebaran ini.

“Kepadatan peziarah terjadi diseluruh TPU, tapi yang lebih ramai di TPU Dreded dan Blender. Kita sudah menyiagakan petugas pemakaman serta menyiapkan lima lubang bagi warga. Memang hari pertama ini warga yang berziarah sangat padat,” pungkasnya. RIF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.