TPPAS Lulut-Nambo Mulai Uji Coba, Asmawa Bilang Begini

PJ Bupati Bogor Asmawa Tosepu. IST

KLAPANUNGGAL – Tempat Pembuangan dan Pengelolaan Akhir Sampah (TPPAS) Lulut-Nambo di Kecamatan Klapanunggal dalam waktu dekat bakal dilakukan uji coba pengoperasian dengan daya tampung baru 100 ton.

PJ Bupati Bogor, Asmawa Tosepu mengatakan, TPPAS Lulut Nambo secara kewenangan adanya di Provinsi Jawa Barat.

“Jadi, kami mengikuti saja memberikan dukungan. Hasil rapat terakhir itu bahwa uji coba itu dilaksanakan pada hari jumat,” ujar Asmawa ketika ditemui wartawan usai menghadiri pelantikan PPK di Hotel Lorin Sentul, Kamis (16/5/2024).

Menurutnya, untuk waktu uji coba pun pihaknya mengikuti dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, DLH, dan Tim Jabar Bersinar Lestari.

Meski demikian, Pemkab Bogor hanya yang menjadi lokasinya TPPAS Lulut Nambo, sedangkan mekanismenya ada disana karena kewenangan Pemprov Jawa Barat.

“Tapi kami back-up itu memberikan sosialisasi kepada masyarakat misalnya ada tuntutan lain, bisa sama-sama kita laksanakan,” ungkapnya.

“Mengenai jalan, itu asetnya itu bukan milik Pemkab Bogor semua, ada punya Provinsi dan aset indocement,” tuturnya.

Karena yang dibangun pun, sambunghya, ada milik indocement tapi memang status jalanya tidak semua juga, karena sepanjang 5,8 kilometer itu jalan kabupaten.

Sehingga, tambah dia, kalau memang pemeliharaan oleh kabupaten maka statusnya harus jelas jangan sampai disalahkan.

“Pemkab hari ini dalam RTRW revisi yang sudah ditetapkan memang jalan tidak ke situ yang dilewati masyarakat, kita koordinasikan bagaimana percepatan pembukaan jalur alternatifnya,” tandasnya. =YUS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.