Tinjau Pasar Cibinong, Komisi IV DPR RI Temukan Kenaikan Harga Bahan Pangan di Bogor

CIBINONG – Anggota Komisi IV DPR RI menemukan sejumlah kenaikan harga bahan pangan saat melakukan kunjungan di Pasar Cibinong, Kabupaten Bogor, pada Senin (1/3/2024).

Anggota DPR RI, Ravindra Airlangga menyampaikan bahwa kunjungan kali ini bertujuan untuk memantau pergerakan harga bahan pangan, salah satunya harga daging ayam Rp 40 ribu/kg.

“Hari ini kita melakukan kunjungan di pasar Cibinong untuk memantau adanya beberapa pergerakan harga ayam Rp 40 ribu per/kg dan ketersediaan SPHP (Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan) di Kabupaten Bogor,” katanya pada Senin, 1 April 2024.

Menurutnya dengan mendistribusikan SPHP di semua pasar di Kabupaten Bogor akan membantu menekan harga yang terus melonjak terutama selama bulan Ramadhan 1445 Hijriah.

“Dengan mendistribusikan SPHP, kita pastikan kalau hal itu dapat membantu menekan harga bahan pangan lainnya seperti beras, daging, bawang merah dan putih, dan pangan lainnya,” ungkapnya.

Dirinya juga memastikan bahwa distribusi bahan pangan daging akan di sesuaikan untuk mengantisipasi kenaikan harga menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

“Targetnya akan disesuaikan dan mungkin target penerimanya juga perlu dipastikan sesuai dan penyaluran bantuan pangan terutama daging pun terus disalurkan untuk mengantisipasi kembali kenaikan harga daging,” imbuhnya.

Senada dikatakan Anggota Komisi IV DPR RI, Guntur Sasono bahwa hasil distributor pemberian pasokan bahan pangan ke pedagang menjadi salah satu hambatannya, sehingga menurutnya permasalahan tersebut terdapat diregulasi yang perlu dikaji kembali.

“Yang ada tadi itu dari hasil distributor untuk memberikan pasokan kepada pedagang. Maka karena ini ada hambatannya dan menurut saya ini adalah permasalahan di regulasinya yang harus dilihat kembali,” ucapnya.

Maka dari itu dirinya menyampaikan semua pihak termasuk Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor bahwa ketersediaan pasokan menjadi salah satu utama untuk mencegah terjadinya kenaikan harga bahan pangan.

“Dilihat dari segi ekonomi, masalah pedagang itu ada disasaran utama. Kalau distributornya masuk terhambat apa lagi menjelang hari raya akan menimbulkan kenaikan harga, makanya kita sampaikan ke Bupati dan semuanya agar menjaga ketersediaan pasokan bahan pangan,” tukasnya.

Sementara itu Pj Bupati Bogor, Asmawa Tosepu mengakui kalau adanya kenaikan harga bahan pangan di sejumlah pasar Kabupaten Bogor.

“Kami laporkan bahwa di kabupaten bogor memang menjelang lebaran ini ada kenaikan harga tetapi ini dinamika pasar, dan tadi kita lihat bersama bahwa harga ayam tembus diangka Rp 40 ribu/kg, daging sapi Rp 135 ribu/kg dan diperkirakan sampai menjelang hari raya nanti harga daging Rp 150 ribu,” terangnya.

Meskipun begitu dirinya mengaku kalau stok bahan pangan, termasuk beras, daging, bawang hingga cabai dipastikan aman selama menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

“Terkait dengan stok alhamdulilah ketersediaan sampai lebaran termasuk beras dipastikan aman dan kami laporkan secara bersamaan kalau ada beberapa titik di Kabupaten bogor hari ini kita menggelar pasar murah dalam rangka untuk memastikan persediaan bahan pangan,” pungkasnya. AGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.