Tingkatkan Pemasaran UMKM, Hipmi Gandeng Kemendag

CIBINONG – Kementrian Perdagangan bekerjasama dengan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) untuk meningkatkan pemasaran produk dalam negeri pada sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Bogor, Senin (12/2/2024).

Kepala Dinas UMKM Kabupaten Bogor, Iman Wahyu Budiana mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan pengumpulan UMKM yang difasilitasi oleh Badan Pengurus Cabang (BPC) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Kabupaten Bogor.

“Kegiatan hari ini memfasilitasi dengan mengumpulkan para UMKM dan saya mohon ini bisa menjadi berkelanjutan, tidak hanya cukup untuk hari ini tetapi kedepannya bagaimana mereka itu dapat dirangkul dan bersinergi dengan hipmi untuk memajukan dan meningkatkan produk lokal di Kabupaten Bogor,” katanya kepada PAKAR, pada Senin (12/2/2024).

Lanjut ia mengatakan bahw Hipmi memiliki satuan, sehingga para UMKM di Kabupaten Bogor dapat menjalin kolaborasi dan sinegritas untuk mencapai satu misi dengan memajukan produk lokal.

“Karena hipmi yang sudah memiliki satuannya, saya harap mereka temen-temen UMKM bisa bersaing dengan bersandar artinya UMKM perlu hipmi dan hipmi perlu UMKM dan itu lah sinegritasnya. Sehingga bagaimana kita mempunyai satu visi dengan hipmi untuk memajukan UMKM di kabupaten bogor ini,” ungkapnya.

Senada dikatakan Ketua Badan Pengurus Cabang (BPC) HIPMI Kabupaten Bogor, Akhmad Hidayat bahwa pertama pihaknya saat ini sedang berkolaborasi dengan Menteri Perdagangan untuk mensosialisasikan produk dalam negeri.

“Kolaborasi hipmi dengan menteri perdagangan yang memang kementrian perdagangan memberikan ruang hipmi untuk mensosialisasikan produk dalam negeri dan dengan jumlah 150 UMKM kita harus menaikan kelas produk lokal di Kabupaten Bogor,” ucapnya.

Sehingga pihaknya mendorong peningkatan produk lokal tersebut dengan berkolaborasi dengan Kementrian Perdagangan Indonesia.

“Kita mendorong teman-teman kementrian di kabupaten bogor. Dan kita juga akan memprioritaskan produk-produk lokal khususnya disektor pariwisata dengan produk kemasan makanan, yang nantinya akan dijadikan prioritas dengan di bantu juga dengan hipmi dan kementrian perdagangan untuk masuk pada sektor wisata,” terangnya.

Bahkan ia juga akan memudahkan para UMKM di Kabupaten Bogor untuk mempermudahkan pembuatan legalitas perizinan melalui program yang dicanangkannya.

“Hipmi itu punya program namanya pembuatan nib (nomor induk berusaha) gratis, dan nanti kita juga akan bekerja sama dengan kementrian investasi yang salah satunya merupakan mantan ketua umum hipmi. Sehingga kita bisa berkoordinasi izin oss nya, dan mempermudah aspek legal halal untuk membantu produk-produk umkm yang salah satunya umkm produk binaan hipmi,” pungkasnya. AGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.