Tingkatkan Kualitas Fotografi Digital dan Desain Promosi Produk untuk UMKM, IPB Hibahkan Foto Box ke Desa

Pelatihan fotografi digital dan desain promosi produk UMKM di Desa Pesudukuh dan Desa Balongrejo, Kecamatan Bagor Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. IST

NGANJUK – Melalui program Dosen Mengabdi Inovasi (DMI) IPB tahun 2023, dosen Prodi Komunikasi Digital dan Media, Sekolah Vokasi IPB Dr. Abung Supama Wijaya memberikan pelatihan fotografi digital dan desain promosi produk UMKM di Desa Pesudukuh dan Desa Balongrejo, Kecamatan Bagor Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

Di akhir acara, IPB menghibahkan “foto box” ke desa yang bisa dimanfaatkan pelaku UMKM untuk produksi foto produk. Abung yang juga Ketua Komisi Humas dan Branding SV IPB ini menerangkan 75 persen pembeli memutuskan membeli sebuah produk karena faktor apa yang dilihat. “Jadi gambar produk yang baik itu meningkatkan daya tarik produk,” ujarnya.


Untuk itu pelaku UMKM harus memiliki kemampuan fotografi dasar untuk memotret produk. “Kualitas foto dipengaruhi cahaya, Gunakan cahaya alami jika memungkinkan,” terang Abung.

Abung menambahkan, cahaya terbaik adalah cahaya matahari. Untuk waktu yang bagus adalah jam 6 hingga jam 8 pagi dan jam
14.00 hingga 18.00 sore.


“Alhamdulillah kita bisa hibahkan foto box ke desa untuk menggantikan fungsi matahari. Silahkan dimanfaatkan oleh pelaku UMKM,” tutur Pria kelahiran Kuningan, Jawa Barat.
Abung juga bebagi keterampilan terkait tiga teknik mengambil angle gambar yaitu Posisi objek dan kamera lurus, Posisi kamera 45 derajat dari objek. Foto dari atas.
“Kita akan semakin mahir kalau Kita latihan sesering mungkin, terangnya.
Abung juga berbagi Ilmu tentang trik dan tips Desain Promosi yakni Visual Teks (judul tagline, deskripsi produk, Warna dan Branding (logo).
“Kalau kita Sudah Punya foto yang Bagus tinggal Kita desain yang baik secara kreatif dengan menerapkan prinsip Dasar komposisi desain,” Tutur Doktor Komunikasi Smart Village (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.