Tingkatkan Ekonomi Peternak Lokal di Tengah Pandemi, DD Ajak Masyarakat Berkurban

DD Farm, unit bisnis sosial sentra ternak mengembangkan beberapa produk diantaranya melakukan penggemukan domba atau kambing untuk penjualan karkas bagi restoran dan catering. IST

KEMANG – Ramadan telah usai, selanjutnya akan datang Idul Adha. Kedua waktu ini selalu menjadi momentum untuk bangkit dari keterpurukan ekonomi dengan berziswaf setidaknya dapat menumbuhkan ekonomi yang turun akibat pandemi Covid-19.

Idul Adha adalah momentum untuk berkurban bagi masyarakat kurang mampu serta menumbuhkan sektor industri ternak. DD Farm, adalah program Dompet Dhuafa dalam pemberdayaan kaum miskin yang tersebar di 10 Provinsi di Indonesia, yang diharapkan dapat memenuhi permintaan hewan kurban dari seluruh wilayah Indonesia.

Direktur Resource Mobilization Dompet Dhuafa, Etika Setiawanti berharap, adanya DD Farm akan menambah animo masyarakat serta lebih memudahkan masyarakat untuk melaksanakan kurban.

Ia menjelaskan, DD Farm sebagai unit bisnis sosial sentra ternak mengembangkan beberapa produk yang menjadi pemasukan (revenue stream) usaha. Diantaranya adalah penggemukan domba atau kambing untuk penjualan karkas bagi restoran dan catering, serta setiap tahun untuk mensuplai kebutuhan hewan kurban.

“Selain itu, DD Farm juga memproduksi pakan ternak berupa complete feed dan silase yang dipakai sendiri sekaligus dijual ke pasar peternak,” ungkap Etika Setiawanti,.Minggu (30/5/2021).

Pada program Tebar Hewan Kurban (THK) tahun 2021 ini, DD Farm memberikan beragam promo spesial, seperti promo untuk donatur loyal (3 tahun berkurban melalui DD), paket keluarga dan promo lainnya serta Dompet Dhuafa memberikan harga early bird sampai tanggal 31 Mei 2021.

“Dengan adanya manajemen pengelolaan kurban yang terkonsep secara tepat dan bijak, maka dapat memangkas biaya hewan kurban. Sehingga masyarakat dapat berkurban dengan harga yang tidak menguras isi dompet. Masyarakat juga dapat terjamin dari mutu dan kualitas hewan kurbannya.” imbuh Etika.

Ahmad Faqih Syarafaddin Ketua Tebar Hewan Kurban (THK) 1442 H mengungkapkan, target THK DD tahun 2021 ini, mengalami kenaikan 20 persen dibanding dengan penghimpunan tahun 2020. Atau setara dengan 52.480 ekor hewan kurban setara domba-kambing.

“Insya Allah kami optimis dengan terget yang telah disepakati itu. Mengingat masyarakat muslim Indonesia adalah tipikal orang yang taat akan perintah agama. Kedua, dengan portofolio yang dimiliki DD selama ini, insya Allah akan menjadi modal besar dalam mengedukasi masyarakat terkait nilai program Tebar Hewan Kurban,” jelas Ahmad Faqih Syarafaddin. =FRI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.