Tingkatkan Ekonomi, Pemdes Sukamaju Cibungbulang Bangun Jaling Dari Samisade

Seremonial pembangunan jalan lingkungan di Desa Sukamaju, Kecamatan Cibungbulang, yang menggunakan dana Samisade. Firman | Pakar

CIBUNGBULANG – Pemerintah Desa Sukamaju, Kecamatan Cibungbulang bangun jalan lingkungan (jaling) dari program satu milyar satu desa (samisade). Meskipun mendapatkan anggaran tahapan akhir, tentunya Pemdes Sukamaju akan optimalkan pembangunan dan akan dikebut pengerjaannya.

Kepala Desa Sukamaju, Cucum Ratna Suminar mengatakan, dari program samisade yang ia terima tentunya sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Saya mengucapkan terimakasih banyak kepada Bupati Bogor Ade Yasin yang sudah memberikan bantuan dari program samisade dan tentunya sangat bermanfaat bagi warga saya,” ungkapnya, Senin (20/12/201).

Ia mengatakan, launching Samisade di RW 04, pembangunan ini volumenya 1600 meter, jalan lingkungan dengan lebar satu meter dengan ketinggian 0,15 cm. “Jalan ini untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan supaya masyarakat yang berjualan lebih mudah saat melalui jalan tersebut,” jelasnya.

Ia menjelaskan, hampir seluruh warga berjualan keliling, tentunya dengan pembangunan jaling bisa memudahkan masyarakat untuk berjualan. “Masyarakat mayoritas berjualan keliling, yang mendapat manfaat dari samisade ada sekitar 1000 kartu keluarga yang menggunakan akses jalan ini,” bebernya.

Ia menegaskan, meskipun kucuran anggaran ia terima menjelang akhir tahun, tentunya ia akan mengoptimalkan pembangunan. “Insyaallah akhir tahun sudah selesai pembanguna jaling ini, meskipun dana yang baru kita terima baru mencapai 40%, karna kita mendapatkan anggaran di perubahan jadi mendapatkannya juga di akhir,” tegasnya.

Kedepannya ia akan membangun jalan lingkungan agar bisa dilakukan oleh kendaraan roda empat. “Kepadanya dari program samisade tentunya akan mengoptimalkan pembangunan di wilayah desa dan tentunya agar kendaraan roda empat bisa masuk, itu salah satu missi kita kedepan,” tuturnya.

Sementara itu, PLT Camat Cibungbulang, Agus Supriyadi mengatakan, meskipun anggaran baru didapatkan menjelang akhir tahun, tentunya hal tersebut jangan menjadi persoalan untuk pengerjaan. “Pemdes Sukmajaya menadapat anggaran diperubahan, tentunya dengan pengerjaan akan memakan waktu sampai awal tahun 2020, untuk samisade memiliki regulasi sendiri jadi boleh untuk sampai awal tahun dikerjakannya,” ujarnya.

Ia menegaskan, dalam pembangunan ini tentunya harus dikebut dan sesuai denga spesifikasi pengajuan. “Tentunya Pengerjaan harus di kebut ya. Karna cuaca tidak menentu, tentunya dengan pengerjaan betonisasi harus dioptimalkan,” pungkasnya. FIR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.