Tingkatkan Akses Ekonomi Warga, Pemdes Cibeuteung Muara Bangun Jalan Lintas Desa Lewat Dana Samisade

Kepala Desa Cibeuteung Muara Asep Suhendar didampingi Sekdes, BPD, LPM, Babinsa, Babinmas serta aparatur RW RT tampak ikut memulai giat pembangunan jalan dari anggaran Samisade. Fahri | Pakar

CISEENG – Pemerintah Desa Cibeuteung Muara, Kecamatan Ciseeng telah menerima bantuan dana program Satu Miliar Satu Desa (Samisade) dari APBD Pemerintah Kabupaten Bogor, dengan total anggaran senilai Rp980 juta, plus pajak dan upah.

Asep Suhedar Kepala Desa Cibeuteung Muara, menjelaskan, program dana Samisade tersebut akan segera digunakan untuk membangun infrastruktur jalan di dua lokasi berbeda yaitu di Kampung Blok Mesjid Dusun III, dan di Kampung Legok Nyenang/Cibogo Dusun I.

“Di Kampung Blok Masjid akan dibangun jalan cor sepanjang 1.004 meter. Sementara di Kampung Legok Nyenang akan dibangun jalan penghubung dengan Desa Putat Nutug dengan panjang 700 meter pengecoran dan 400 meter aspal hotmix,” ungkap Asep Suhendar, Senin (12/7/2021).

Ia menambahkan, pembangunan jalan yang dilaksanakan di dua titik tersebut antusias disambut warga karena sangat penting untuk kelancaran akses ekonomi warga. Selain itu, akses jalan juga akan bermanfaat untuk meningkatkan roda ekonomi warga sehari – hari.

“Sebagian besar masyarakat adalah petani dan peternak, sehingga akses jalan yang bagus bisa memperlancar roda ekonomi warga. Terlebih ini jalan lintas desa,” sambung Asep Suhendar.

Sementara itu, Sekdes Cibeuteung Muara, Heri menambahkan, untuk volume jalan yang dibangun, rata – rata memiliki ketebalan coran 10 sentimeter dengan lebar 3 meter.

“Khusus yang di Kampung Legok Nyenang Cibogo ini merupakan jalan tembus ke Kampung Sinagar Desa Putat Nutug. Dibuat dua trace, yaitu pengecoran 700 meter dan hotmix 400 meter dengan total biaya senilai Rp 439.812.000,” jelasnya.

Kepala Dusun I Ahmad Jaelani mengaku sangat berterimakasih kepada Kepala Desa Cibeuteung Muara atas pelaksanaan giat pembangunan dan pengecoran di wilayah dusun yang dipimpinnya.

“Atas nama warga masyarakat, kami berterimakasih kepada Bupati Bogor dan Kepala Desa yang telah membangun jalan di wilayah kami. Ini sangat bermanfaat bagi warga,” kata dia. =FRI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.