Tingginya Target Vaksinasi Jadi Penyebab Sulitnya Penurunan Level PPKM?

Sekretaris Satgas Covid-19 Kabupaten Bogor, Hadijana. Khaerul Umam | Pakar

CIBINONG – Tingginya target Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Bogor, ditengarai menjadi salah satu penyebab sulitnya penurunan level kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dari level 3 menjadi level 2.

Hal tersebut, juga menjadi salah satu dampak jika penurunan level sulit diterapkan di sejumlah wilayah yang ada di sekitar Jawa Barat, mengingat Kabupaten Bogor menjadi wilayah aglomerasi di Jabodetabek.

Sekretaris Satgas Covid-19 Kabupaten Bogor, Hadijana mengungkapkan, saat ini Pemkab Bogor sudah melakukan vaksinasi kepada sebanyak 2 juta orang lebih dari total target keseluruhan 4,2 juta atau 70 persen dari jumlah penduduk di Kabupaten Bogor yang harus diselesaikan pada Desember 2021.

“Kalau dilihat secara presentase memang kecil capaian vaksinasinya. Tetapi kalau dilihat jumlah orang yang sudah divaksin itu sudah banyak, sudah 2 juta orang lebih. Dua kali lipat dari masyarakat Kota Bogor,” ungkap Hadijana, Minggu (3/10/2021).

Menurutnya, penurunan level PPKM saling berkaitan satu sama lain khususnya di wilayah Jabodetabek. Hal serupa pun pernah terjadi dengan Kabupaten Bogor saat tingginya kasus positif Covid-19 di Jakarta.

“Beberapa waktu lalu kita juga sempat tertahan oleh Jakarta di PPKM level 4, karena kasus penularan Covid-19 di Jakarta masih tinggi. Padahal kasus di Bogor sudah melandai, sehingga kita pun harus mengikuti kebijakan pemerintah pusat itu,” jelas Hadijana.

Dia pun memastikan jika Pemkab Bogor masih terus melakukan percepatan Vaksinasi Covid-19 agar target vaksinasi pada Desember mendatang bisa tercapai.

“Kita harus optimis target itu bisa selesai sesuai waktu yang ditetapkan. Dan kita masih terus lakukan percepatan vaksinasi itu,” tegas Hadijana.

Sementara, Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, Adang Mulyana menyebutkan jika akselerasi vaksinasi dilakukan hingga tingkat Desa bahkan RT/RW.

Selain itu, dia mengaku, saat ini semua intansi bergerak untuk capaian target vaksinasi tersebut.

“Mudah-mudahan targetnya tercapai karena sentra vaksinnya terus bertambah. Bahkan dari TNI-Polri serta beberapa elemen yang ada di Kabupaten Bogor sering menggelar vaksinasi massal,” kata Adang. =MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.