Tinggal Pipa Perumda Tirta Pakuan Belum Terbongkar di Jembatan Otista

Rena Da Frina. IST

BOGOR – Proses pembangunan serta pembongkaran Jembatan Otista, Kecamatan Bogor Tengah, sampai hari ini masih terus berlangsung.

Salah satu struktur jembatan, tampak sudah selesai dilakukan pembongkarannya dan di kondisi terakhir sudah terputus.

Namun, untuk beberapa struktur jembatan salah satunya yang diperkirakan ada sejak tahun 1920, masih belum dilakukan pembongkaran.

Kepala Dinas PUPR Kota Bogor, Rena Da Frina mengaku, saat ini, pembangunan sudah masuk ke minggu kelima. Selama itu, progres pembangunan berjalan normal bahkan, dari laporan yang masuk terus mengalami deviasi positif.

“Untuk sekarang ada deviasi masih positif dari pembangunannya. Untuk proses pekerjaan di 3,5 persen,” tegas Rena saat mengikuti kegiatan di Alun-Alun Kota Bogor, Rabu (24/5/2023).

Rena yang juga mantan Camat Bogor Timur ini mengatakan, sekarang progres yang sudah dikerjakan yakni terkait pembongkaran. Semua plat jembatan sudah terangkut dan terbongkar semua. Baik di struktur yang sudah dibongkar dan diputus maupun belum.

“Bisa dilihat jika semua platnya sudah kami angkut. Misalnya, yang di sisi kiri jembatan yang keduanya sudah selesai,” tukas dia.
Tetapi, masih kata dia, selama progres terus berjalan, saat ini ada beberapa pekerjaan rumah yang terus dilakukan. Salah satunya, soal relokasi untuk pipa milik Perumda Tirta Pakuan.

“Relokasi tinggal pipa Perumda Tirta Pakuan saja yang masih progress. Untuk PLN, optik-optik lainnya sudah selesai dilakukan. Kegiatan bekisting sedang berjalan, pembesian untuk membuat bor pile juga sedang berjalan. Kemudian, pemangkasan serta penebangan pohon juga masih berjalan,” kata Rena.

Rena menambahkan, kedepan dipastikan progres pembangunan serta pembongkaran akan terus berjalan. Beberapa kesiapan terus dilakukan agar progres pembangunan ini bisa terus dilakukan.

“Saat ini, jembatan yang pertama sudah diputus kami siapkan untuk mobilisasi alat-alat berat. Kemudian, pada Kamis malam akan datang crane sebanyak 2 unit. Untuk mengangkat balok girder dan membuat pondasi baru,” pungkas Rena.=ROY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.