Timbun 48 Ribu Liter BBM, Satu Tersangka Ditangkap Polres Bogor

Barang bukti yang di amankan pihak kepolisian dari pelaku penimbunan BBM. Age | Pakar

GUNUNGPUTRI – Menimbun BBM jenis solar bersubsidi sebanyak puluhan ribu liter, Kepolisian Resort (Polres) Bogor segera melakukan penggerebakan dan mengamankan 1 orang tersangka berinisial AS (32) di Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor.

“Hari ini kita menggerebek tempat lokasi penyimpanan dan penjualan bahan bakar minyak (BBM) berjenis solar bersubsidi ilegal di Gunung Putri sebanyak 48 ribut liter,” kata Kapolres Bogor, AKBP Imam Imanudin, Kamis (27/1/2022).

Lanjut ia mengatakan barang bukti dan sejumlah saksi pun kita amankan untuk di mintai keterangan lebih lanjut.

“Saksi kita amankan sebanyak 12 orang lalu kita minta untuk menjalani tes urine dan hasilnya 3 orang positif narkoba termasuk tersangka berinisial AS yang berkedok sebagai pelaku penjual BBM,” tambahnya.

Iman juga mengungkapkan bahwa penimbunan BBM bersubsidi ilegal sudah beroperasi sejak bulan November 2021 dan terjerat pasal Pasal 23 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2001 dengan ancaman pidana 6 tahun penjara dan denda Rp 60 miliar.

“12 orang ini akan dimintaai keteramgannya, selain itu lima unit mobil boks, alat tulis komputer, laptop serta berkas lainnya diamankan untuk dijadikan barang bukti,”tegasnya

Dia menerangkan bahwa dalam keterangan para saksi dan tersangka, mereka membeli BBM solar dan bensin bersubsidi ke SPBU di sekitar gudangnya.

“Hasil pembelian BBM solar bersubsidi seharga Rp 5.500-6.000 perliter, dijual ke industri di w8layah Tanggerang dengan harga jual Rp 8.300 perliter. Dugaan kami, selama 3 bulan beroperasi, mereka mengambil keuntungan yang sangat besar karena dalam sehari mereka minimal bisa menjual BBM solar bersubsidi hingga 20.000 liter perhari,” pungkasnya. AGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.