Tim SAR Gabungan Fokus Cari 39 Warga Korban Gempa yang Dinyatakan Hilang

CIANJUR – Setelah berhasil ditemukannya jenazah korban gempa bumi bernama Nining (64) warga Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur oleh tim petugas gabungan yang tertimbun tanah longsor, Kamis (24/11/2022).

Akhirnya, korban meninggal dunia gempa bumi menjadi bertambah sebanyak 272 orang dan sisanya sebanyak 39 orang lagi masih dalam pencarian tim gabungan.

“Memang pada hari ini, tim petugas gabungan berhasil menemukan satu jenazah atas nama Ibu Nining (64). Sehingga korban meminggal bertambah menjadi 272 orang,” terang Kepala BNPB Letjen Suharyanto kepada awak media di Pendopo, Pemkab Cianjur.

Menurutnya, dari jumlah korban sebanyak 272 tersebut, sebanyak 165 jenazah berhasil teridentifikasi sesuai dengan nama dan alamat, dan 107nya masih dalam tahap proses identifikasi.

“Hingga saat ini, masih terdapat ada 39 orang dalam pencarian. Dari jumlah tersebut 32 orang warga Desa Cijedil, dan sebanyak 7 orang warga lagi yang tengah melintas,”ungkapnya.

Dia mengaku jika pihaknya telah mengarahkan sebanyak 6000 petugas gabungan dari unsur TNI/Polri, Basarnas dan BPBD didalam proses pencarian korban yang hilang di Jalan Raya Cipanas-Puncak.

“Akibat dari kondisi cuaca sering turun hujan. Itulah faktor kendala bagi para petugas dalam upaya proses pencarian. Pasalnya, ketebalan tanah longsor sering menutupi korban hilang,”imbuhnya.

Sejauh ini, kata Suharyanto, dari jumlah total sebanyak 15 kecamatan yang terdampak, dan 56.311 rumah rusak ringan hingga berat. SYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.