Tim PKM Unida Tingkatkan Pendapatan KTH LBC Lestari Melalui FGD Budidaya Lebah dan Penggemukan Domba

Tim PKM Unida saat menggelar FGD bersama KTH LBC Lestari. (Dok.Unida)

CIAWI – Tim Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Djuanda (Unida), menggelar Focus Group Discussion (FGD) di Rumah Joglo Kampung Tapos, Desa Cileungsi, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor.

Bertajuk “Peningkatan Pendapatan KTH LBC Lestari Melalui Penerapan Teknologi Budidaya Lebah Madu Apis Cerana dan Penggemukan Domba” kegiatan ini berlangsung pada Minggu, 30 Juni 2024.

Ketua Tim PKM, Ristika Handarini,
mengatakan, FGD digelar karena untuk mencapai kesuksesan program yang telah ditetapkan perlu soliditas yang baik antara Tim PKM dan Anggota KTH LBC Lestari.

“Sinergi dan kerja sama yang kuat antara seluruh pihak yang terlibat merupakan kunci untuk mengatasi permasalahan yang ada dan memastikan bahwa tujuan program dapat tercapai dengan baik.
Sehingga, harapannya melalui program ini dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi masyarakat,” kata Ristika dalam keterangannya, Rabu (3/7/2024).

Pada kesempatan yang sama, anggota Tim PKM Helmi Haris, menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan sumber pendapatan tambahan bagi anggotanya, yang selama ini hanya mengandalkan penghasilan dari kegiatan sebagai pemandu wisata di sekitar kaki Gunung Pangrango.

“Tujuan kegiatan PKM ini utamanya adalah untuk meningkatkan pendapatan anggota KTH LBC Lestari melalui pengembangan dan budidaya Lebah Madu Apis Cerana dan Trigona, serta penggemukan domba,” tuturnya.

Helmi menyebut kegiatan ini memberikan dampak positif bagi masyarakat sejalan dengan mendukung Indeks Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi.

“Dengan dilaksanakannya kegiatan program PKM ini banyak anggota KTH LBC Lestari serta masyarakat sekitarnya mendapatkan kesempatan untuk bisa meningkatkan keterampilan dan pendapatan mereka,” jelasnya.

Tak hanya itu, Helmi mengatakan bahwa kegiatan FGD tersebut juga memberikan dampak baik kepada perguruan tinggi khususnya Unida. Termasuk juga bagu dosen dan mahasiswanya.

“Bagi Perguruan Tinggi, kegiatan ini akan mendukung IKU 5, yaitu hasil kerja dosen digunakan oleh masyarakat. Bagi Mahasiswa, dengan mengikuti kegiatan ini maka mereka dapat berkolaborasi dengan dosen untuk meningkatkan keterampilannya dan ini mendukung IKU 2, yaitu mahasiswa mendapat pengalaman di luar kampus,” bebernya.

“Sementara bagi dosen, ini kesempatan berkegiatan di luar kampus untuk menerapkan hasil inovasinya, untuk mendukung IKU 3, yaitu dosen berkegiatan di luar kampus. Termasuk bagi Pemerintah Desa, ini adalah kesempatan meningkatkan Indeks Pendapatan Masyarakat, dan ini mendukung IKU 5, yaitu hasil kerja dosen digunakan oleh masyarakat,” pungkas Helmi.

Sekedar informasi, kegiatan ini juga dihadiri anggota tim PKM Unida lainnya seperti Indra Cahya Kusuma. Kemudian ada juga para mahasiswa Fakultas Ilmu Pangan Halal (FIPHAL), yakni Farras Fajria Rimadhani, Muhammad Abdiki Wicaksono, Rafika Kumalasari, Neng Siti Khodijah, dan Muhammad Husen Afifuddin. Anggota KTH LBC Lestari juga berpartisipasi aktif dalam acara FGD tersebut. =KM*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.