Tim Pemulasaran Jenazah Kota Bogor Dalam Sebulan Tangani 115 Pasien Isoman

Ketua Koordinator Pemulasaraan Jenazah Covid-19 Kota Bogor, Rino Indira Gusniawan. IST

BOGOR – Selama satu bulan terakhir Tim Pemulasaraan Jenazah Covid-19 Kota Bogor telah menangani ratusan kasus kematian warga yang sedang menjalani isolasi mandiri (Isoman).

Tercatat sejak Minggu (4/7) hingga Jumat (6-8/2021), Tim Pemulasaran sudah menangani sebanyak 115 pasien yang meninggal saat Isoman.

“Jadi sejak dua minggu terakhir akhir minggu bulan juli sama awal minggu agustus ini sangat landai,” terang Ketua Koordinator Pemulasaraan Jenazah Covid-19 Kota Bogor, Rino Indira Gusniawan di Gedung Wanita, Kota Bogor, Jumat.

Masih kata Rino, hingga akhir Juli sebanyak 111 pasien , dan pada awal Agustus bertambah sehingga total yang ditanganin115 pasien yang meninggal saat menjalani Isoman.

“Jadi memang relatif melandai sekali. Mudah-mudahan ini buah dari penanganan, selama tiga minggu ini pemerintah kota Bogor melakukan terobosan mengatasi covid ini,” tutur Direktur Perumda Tirta Pakuan tersebut.

“Kadang sama sekali tidak ada. Hari ini satu, kemarin selama dua hari kosong, jadi sekarang itu yang isoman relatif terpantau dan terjaga,” jelas Rino.

Meski sudah melandai, namun dirinya tetap mewaspadai ketika terjadi lonjakan dengan kesiapan SDM maupun stok ketersediaan peti jenazah.

“Kita sudah sangat siap, peti jenazah kita punya 300 peti, kemarin bantuan dari donatur dan orang yang mendukung kita, tenaga juga kita siap (sebanyak) 57 orang stanby 24 jam,” ujarnya.

“Ambulans kita ada tiga unit kita siapkan. Insya Allah kita siap,” ucapnya.

Kedepan, dirinya tengah menyiapkan penanganan pemulasaran jenazah pasien Covid-19 dapat dilakukan oleh masyarakat secara langsung.

“Jadi kita sudah mulai di wilayah, agar kasusnya itu bisa ditangani di wilayah. Jadi masyarakat dalam memperlakukan jenazah itu diperlakuakan seperti biasa asal kita tau ilmunya. Misalkan kalau sakit Covid harus pakai APD segala macam,” pungkas dia.=ROY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.