Tim Pelatih Taekwondo Pantau Latihan Atlet Via Zoom

Para atlet taekwondo Kota Bogor, tengah berlatih secara mandiri, yang dipantau langsung tim pelatih, melalui zoom, Kamis (29/7/2021). IST

BOGOR – Program latihan atlet taekwondo binaan Pengurus Cabang Taekwondo Indonesia Kota Bogor, jadi perhatian khusus bagi tim pelatih.

Apalagi dalam menjaga kondisi fisik, stamina, maupun performa tanding atlet yang akan diturunkan pada Babak Kualifikasi Pekan Olahraga Provinsi (BK Porprov) XIV Jawa Barat 2021, selama berlatih mandiri, sejak diberlakukannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, hingga PPKM Level 4 sampai 2 Agustus 2021 nanti.

Dikatakan Pelatih taekwondo Kota Bogor, Iman Sunarya, kalau problem yang jadi kendala bagi cabor dalam menyiasati program latihan atlet selama PPKM diberlalukan di Kota Bogor, tidak diperbolehkannya latihan bersama di Gelanggang Olahraga (GOR) Pajajaran, karena ditutup oleh Pemkot Bogor, melalui Dispora, karena harus mengikuti aturan Pemerintah Pusat, sehingga para atlet harus berlatih secara mandiri.

“Kendala kita saat ini, kita tidak bisa berlatih bersama, sebab GOR Pajajaran tempat biasa berlatih ditutup, karena PPKM. Jadi kami pelatih harus aktif memantau perkembangan atlet melalui zoom, setiap harinya, supaya kekurangan atlet bisa terpantau dan dapat langsung dibenahi setiap gerakan dari masing-masing atlet,” ujar Iman Sunarya, Kamis (29/7/2021).

Iman menjelaskan, bahwa program latihan atlet sebenarnya memerlukan partner dalam berlatihannya, khususnya latihan kyorugi. Tapi karena kendala PPKM, maka penerapan latihan mandiri jadi opsi utama Pengcab untuk menyiasati latihan atlet, agar tidak ketinggalan pada saat kembali latihan bersama setelah fasilitas olahraga GOR Pajajaran diperbolehkan kembali untuk berlatih cabor taekwondo.

“Sebenarnya PPKM ini membuat kita jenuh, dan harus berdiam diri di rumah. Tapi karena keadaan, kita harus bisa memahami secara bersama. Namun, demikian para atlet tetap semangat dalam menjalani latihan mandiri,” tegasnya.

Lebih lanjut Iman menjelaskan, latihan via zoom yang saat ini dijalankan atlet kyorugi sangat tidak maksimal. Maka dari itu Pengcab melalui tim pelatih, harus benar-benar ekstra memantau proses latihan atlet melalui zoom setiap hari, kepada atlet yang akan diturunkan pada BK Porprov 2021.

“Kita sudah siapkan jadwal latihan atlet setiap harinya, yang mana untuk latihan teknik itu dilakukan hari Senin, Rabu, Jumat. Sedangkan latihan fisik setiap Selasa, Kamis, Sabtu, dengan durasi dua jam setengah, dan itu semua untuk memenuhi kebutuhan latihan dari masing-masing atlet yang tergabung dalam tim Pelatcab,” pungkasnya. =MG1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.