Tim Lomba Desa Lakukan Verifikasi ke Ciherang Pondok

Saat tim lomba desa sedang melakukan penilaian di Desa Ciherang Pondok. (Ist)

CARINGIN – Desa Ciherang Pondok, Kecamatan Caringin, menerima kunjungan tim verifikasi lomba desa tingkat Kabupaten Bogor. Tim yang dipimpin Sekdis DPMPD Dede Armansyah, tersebut bersama rombongan dari berbagai dinas, diterima langsung oleh  kepala Desa Ciherang Pondok H. Aldi Wiharsa, Camat Caringin Ramdan Firdaus dikantor Desa Ciherang Pondok.


Setelah acara penerimaan, tim langsung melakukan penilaian baik PKK, Posyandu, bendahara desa kelompok tani dan sebagainya. Yang bertujuan untuk melihat secara administrasi sejauh mana manfaat yang dirasakan masyarakat baik dari dana desa maupun yang lainnya. Dede Armansyah sebagai ketua Tim penilai lomba desa, mengatakan, Desa Ciherang Pondok Kacamata Caringin salah satu dari enam desa, yang mengikuti lomba desa Sekabupaten Bogor.


“Hari ini, kami dua desa melakukan verifikasi belanja desa, di dua desa yakni Desa Ciherang pondok dan perwakilan Kecamatan Bojong Gede,” kata Dede Armansyah kepada Pakar.


Dalam penilaian ini, lanjut Dede, melibatkan berbagai dinas baik dinas kesehatan, Pol. PP, ketahanan pangan dan dinas lainnya memverifikasi setiap anggaran yang dibelanjakan oleh desa ke masing masing pengalokasian. “Tim kami bagi tiga tim melakukan verifikasi, setelah itu baru kita chek lapangan untuk mencocokan antara administrasi dengan lapangan,” ungkapnya.


Dede mengakui, Ciherang Pondok sudah mendominasi juara berbagi loba baik tingkat Provinsi, kabupaten maupun tingkat nasional. Sehingga dalam segi administrasi sangat rapi. “Kalau Ciherang Pondok kan sudah pengalaman dalam lomba bahkan tingkat Nasional, sehingga mereka tidak kaget lagi,” ujarnya.


Camat Caringin, Ramdan Firdaus menambahkan, dirinya berterima kasih kepada tim verifikasi lomba desa, yang sudah menunjuk Desa Ciherang Pondok mengikuti lomba, bahkan dia berharap prestasi yang sudah diraih bisa kembali terulang dalam loma desa tahun 2024. “Selamat datang dan terimakasih kepada tim verifikasi lomba desa Sekabupaten Bogor, dengan prestasi yang sudah diraih desa ini, saya berharap kembali terulang tahun ini,” harapnya.


Kapala Desa Ciherang Pondok, Aldi Wiharsa mengatakan, penilaian lomba desa kali ini memang sangat berbeda dengan lomba lomba sebelumnya. Karena kata dia, tema lomba saat ini adalah tentang belanja desa sehingga dalam penilaian lebih kepada administrasi dan lapangan. “Kami optimis juara, karena kita sudah siap sebelumnya, dan apa yang dibelanjakan desa semua tertulis dalam administrasi maupun penyalurannya sesuai dengan yang di lapangan,”ucapnya. UJG
 
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.