Tiga Nama Diusulkan, Gerindra Tegaskan Posisi Ketua DPRD Tidak Ditentukan Raihan Suara Terbanyak

Gedung DPRD Kabupaten Bogor. (Dok.DPRD)

CIBINONG – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerindra Kabupaten Bogor, akan mengusulkan tiga nama calon Ketua DPRD periode 2024-2029.

Sebagai partai pemenang Pemilu, Gerindra segera mengusulkan hal itu kepada Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Gerindra.

“Jadi kami diminta mengusulkan tiga nama untuk Ketua DPRD. Nanti SK nya DPP (Gerindra) yang tahun lalu,” ujar Ketua DPC Gerindra Kabupaten Bogor, Iwan Setiawan, Senin (6/5/2024).

Namun, Iwan mengungkap, penentuan Ketua DPRD tidak berdasarkan siapa peraih suara terbanyak pada Pemilihan Legislatif (Pileg). Sebab nantinya, itu merupakan hak prerogatif DPP Gerindra.

“(Kriteria berdasarkan raihan suara?) Engga, kita merekomendasikan data potensi layak berbagai pertimbangan. Kami mengusulkan, dan gak mungkin mengusulkan satu. Sesuai SK DPP minimal 3 yang diusulkan,” ungkapnya.

Adapun beberapa nama yang masuk pada kriteria sebagai calon yang akan diusulkan menjadi Ketua DPRD Kabupaten Bogor 2024-2029 antara lain Rudy Susmanto, Heri Aristandi dan Sastra Winara.

Dari ketiga nama tersebut, jika melihat dari raihan suara terbanyak adalah Rudy. Dimana dia berhasil mengumpulkan suara di di Daerah Pemilihan (Dapil) 1 Kabupaten Bogor sebanyak 49.944 suara.

Jumlah tersebut merupakan rekor tertinggi di Kabupaten Bogor untuk Pileg DPRD tingkat kabupaten.

Namun Iwan menegaskan bahwa ketiganya belum tentu juga diusulkan. Sebab, mereka hanya baru masuk kriteria bukan sebuah kepastian akan diusulkan.

“Ya mereka masuk kriteria, mereka punya pengalaman (incumben). Kami akan mengusulkan nama-nama yang potensial, tapi sekarang (DPP) belum minta. Nanti diusulkan sepertinya sebelum pelantikan (anggota DPRD baru),” beber Iwan.

Selain mengusulkan tiga nama calon Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Iwan juga mengaku bahwa pihaknya juga akan menyerahkan tiga nama untuk posisi Ketua Fraksi Gerindra. =MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.