Tiga Kampung di Cianjur Alami Pergerakan Tanah dan Longsor

CIANJUR – Tiga Kampung di Desa Jatisari, Kecamatan Bojongpicung, Kabupaten Cianjur, mengalami bencana pergerakan tanah dan longsor, Jumat (26/4/2024). Akibat peristiwa tersebut tiga rumah ambruk dan puluhan rumah rusak.

Berdasarkan Informasi yang dihimpun, bencana pergerakan terjadi pada Jumat dini hari setelah hujan deras mengguyur Cianjur sejak Kamis (25/4/2024) malam. “Awalnya terjadi retakan bangunan. Tapi lama kelamaan retakannya semakin parah,” ujar Saepudin, warga sekitar saat ditemui di lokasi pergerakan tanah.

Menurut dia, pergerakan tanah tersebut menyebabkan beberapa rumah ambruk. “Iya tadi ada yang ambruk juga. Tapi sebelumnya penghuni rumah Saudah terlebih dulu keluar. Jadi tidak ada korban,” kata dia.

Sementara itu, Camat Bojongpicung Aziz Muslim mengatakan, saat ini yang sudah terdata baru rumah yang terdampak dan terancam di dua kampung yakni Kampung Kampung Sukajadi dan Kampung Cisalada, sedangkan satu kampung lainnya yaitu Kampung Kampung Pasar Cinde masih didata. “Tim masih melakukan pendataan. Tadi terkendala tanah yang masih mengalami pergerakan,” kata dia, Sabtu (27/4/2024).

Dia menuturkan, sebanyak 77 keluarga yang terdampak dan terancam pergerakan tanah saat ini sudah dievakuasi. Hujan yang kembali mengguyur pada Jumat petang dikhawatirkan membuat pergerakan tanah semakin meluas dan mengancam warga.

“Sampai sore tadi masih terdengar gemuruh dan retakan bangunan. Jadi kami ungsikan sementara warga ke rumah kerabatnya yang dinilai aman. Kami sudah imbau warga untuk tetap waspada. Tim dari BPBD, PMI, dan pemerintah kecamatan hingga desa juga disiagakan,” tuturnya.

Disisi lain, Kapolsek Bojongpicung, AKP Eriyanto mengatakan berdasarkan data sementara, tercatat 63 bangunan yang rusak dan terancam. Menurut dia, total bangunan rusak mencapai 36 bangunan. Sedangkan 27 rumah terancam. “Rumah yang rusak berat hingga ambruk ada tiga unit, yang rusak sedang ada lima unit, dan rumah rusak ringan ada 26 unit. Selain itu ada dua bangunan masjid yang rusak ringan,” pungkasnya. BNM/NDI/SYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.