Tiga Desa di Caringin Sabet Penghargaan Sadarkum Dari Gubernur Jabar

CARINGIN- tiga dari 10 desa se-Kabupaten Bogor yang menerima penghargaan desa Sadar Hukum (Sadarkum) tahun 2023 di Gedung Sate Bandung Sabtu 2 September 2023. Ketiga desa tersebut diantaranya, Desa Ciherang Pondok, Pasir Muncang dan Desa Caringin.


Kepastian penerimaan penghargaan tersebut sesuai surat yang diterima Camat Caringin Endi Rismawan dari setda Kabupaten Bogor dengan nomor :100.3.9/729.KS – Banhuk. Tentang peeresmian dan pemberian penghargaan desa sadar hukum tahun 2023.
Camat Caringin Endi Rismawan membenarkan, jika dirinya bersama tiga kepala desa diwilayahnya diundang untuk menerima penghargaan pada sabtu mendatang.


“Alhamdulillah, memang benar kami sudah menerima suratnya dari setda.  Untuk menghadiri pemberian penghargaan dibandung,” ujar Camat Caringin kepada Pakar kemarin.


Menurutnya, sebelumnya pemkab mengusulkannya 15 desa untuk menerima penghargaan tersebut, namun hasil dari penilaian tim 10 desa yang mendapatkan penghargaan tersebut. “Semuanya yang ikut penilaian Kadarkum itu 15 desa termasuk Caringin tiga Desa. Dan alhamdulillah semua desa yang ikut penilaian mendapat penghargaan,” ucapnya.


Kepala Desa Ciherang Pondok H. Aldi Wiharsa mengatakan, pemberian penghargaan tersebut adalah sebagai motivasi buat desanya, dan bukti jika masyarakat caringin angka kesadaran terhadap hukum meningkat pesat.


“Alhamdulillah saya tidak menyangka mendapat penghargaan ini, namun ini menjadi motivasi kami, dan sebagai bukti bahwa khususnya warga Desa umumnya warga Caringin Kadarkum nya sudah meningkat,” ujarnya.


Sementara itu Yudi Wahyudi kepala desa Pasir Muncang menambahkan, pemberian penghargaan tersebut bukan akhir dari segalanya, akan tetapi akan .menjadi motivasi bagi desanya untuk terus bbekerja sama dengan semua pihak dalam peningkatan kadarkum.


“Penghargaan ini bukan untuk kepala desa, tapi untuk warga, tanpa ada peningkatan Kadarkum. Tidak mungkin dapat penghargaan, makanya ini menjadi tolak ukur bahwa kecamatan Caringin angkat Kadarkum nya sudah meningkat,” tuturnya.


Yudi juga menegaskan, pihaknya berterima kasih kepada pemkab Bogor khususnya kepada Bagian hukum, kejaksaan, pengadilan agama, polres Bogor serta semua pihak yang masuk dalam tim penilaian. Yang sudah mrngunjungi desanya dan memberikan  penilaian sangat obyektif.


“Kami menghaturkan trima kasih kepada senua pihak, khususnya dari kejaksaan, polres, BPN, pengadilan agama, kabag hukum Setda, dan semua pihak yang masuk dalam tim penilaian yang bekerja berbulan bulan dalan Kadarkum ini,” pungkasnya. UJG
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.