Tiga Bangunan Langgar Perda Dikenai Sanksi Denda Oleh Satpol PP Kabupaten Bogor

CIBINONG – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bogor telah melaksanakan kegiatan sidang Tindak Pidana Ringan (Tipiring) terhadap 3 bangunan tidak berizin, pada Kamis (29/9/2022).

“Hari ini kita melaksanakan sidang Tipiring kaitan dengan pelanggaran sebanyak 3 bangunan yang terdiri dari 2 bangunan komersial dan 1 hunian atau villa,” kata Kepala Seksie Penegakan Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bogor, Agus Budi.(29/9)

Lanjut ia mengatakan ketiga bangunan tersebut berada ditiga wilayah yang ada di Kabupaten Bogor yakni di Kecamatan Parung, Tamansari dan Citeureup.

“Tiga bangunan ini ada di Kecamatan Parung, Tamansari dan Citeureup yang total administrasi dikenakan sebesar Rp 5,5 juta. Dari total administrasi yang diberikan untuk bangunan diwilayah Parung dikenakan Rp 1,5 juta, Tamansari Rp 2 juta, dan Citeureup Rp 2 juta dan denda administrasi tersebut masuk ke Kas Daerah Kabupaten Bogor,” jelasnya.

Tak hanya itu dirinya juga menerangkan Sidang Tipiring tersebut berdasarkan surat limpahan laporan yang diberikan dari Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Bogor.

“Sidang tipiring ini berdasarkan limpahan dari DPKPP dan kami Satpol PP sebagai Penegak Perda melakukan tindak lanjuti hasil laporan tersebut. Karena sebelumnya DPKPP telah melayangkan surat teguran 1-3 ke bangunan tersebut dan kami hanya menindak lanjutinya saja dan kita itu berdasarkan Pengawasan, Pengamatan dan Penelitian atau Waspat Litrik dan yang bersangkutan akan dikenakan sanksi,” tukasnya.

Agus Budi memaparkan sebelumnya setelah melakukan penyelidikan terhadap bangunan yang diduga tidak berizin tersebut, pihaknya akan memberikan sanksi Yustisi atau Non Yustisi.

“Kalau sanksi yustisi itu melalui pengadilan terapi kalau untuk non yustisi kita akan melakukan pembongkaran secara langsung terhadap bangunan tersebut tetapi melalui proses lainnya,” tandasnya. AGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.