Tiang Kontruksi Bangunan di Atas Saluran Irigasi Bersejarah Dibongkar Pol-PP

Pol-PP Kabupaten Bogor bersama kecamatan dan desa melakukan pembongkaran tiang bangunan di atas saluran irigasi di sekitar Tugu Panca Karsa, Babakan Madang. IST

BABAKAN MADANG – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kabupaten Bogor akhirnya membongkar kontruksi bangunan yang berdiri di saluran irigasi bersejarah di Desa Kadumangu, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, belum lama ini.

Pembongkaran tiang bangunan ini setelah sebelumnya ramai di media karena dianggap berdiri diatas saluran irigasi bersejarah peninggalan kolonial Belanda.

Selain bangunan, tumpukan sampah tak bertuan masih bertebaran di seputaran Kawasan Tugu Panca Karsa Sentul Kadumanggu membentang sekitar 1 kilometer di saluran irigasi tersebut.

Kabid Tibum Satpol PP Kabupaten Bogor, Rama Khodara, mengatakan, berdasarkan laporan warga dan ramai di sejumlah media, pihaknya langsung merespons dan berkordinasi dengan Pemerintah Kecamatan Babakan Madang dan Desa Kadumanggu.

“Setelah itu, kita pun minta pihak kecamatan dan desa untuk segera menertibkan bangunan liar tersebut, tepatnya pada tanggal 16 Mei 2024 kemarin. Mengenai bangunan liar lainnya dan tumpukan sampah yang ada di sepanjang saluran irigasi itu ada di kewenagan instansi lain,” ungkapnya,

Lanjut dia, Satpol PP Kabupaten Bogor bertindak sebagai penegak peraturan daerah dan penertiban umum. “Jika ada perintah pasti kita bongkar,” tegasnya.

Sebelumnya, Kepala Bidang Pengelolaan Persampahan DLH Kabupaten Bogor, Ismambar Fadli, melalui staf dihubungi pada Selasa (14/05/2024) membeberkan, pertama apakah saluran irigasi tersebut masih ada airnya, kalau ada air lagi akan dilakukan penanggulangan.

Kedua, penanggulangannya perlu lintas sektoral DLH, PUPR, Satpol PP. Ketiga, DLH sudah berkordinasi dengan Pemerintah Desa Kadumanggu dan masih menunggu.

Sebelumnya, Pj. Kepala Desa Kadumanggu, Yoga, mengatakan akan bekerjasama jajaran hingga RT dan RW setempat untuk mengerahkan warganya guna membersihkan sampah di saluran irigasi tersebut.

“Saya sudah cek lokasi memang ada tumpukan sampah, mungkin itu orang naik motor buang sampah. Tapi kita coba bersihkan semampunya karena volume sampahnya lumayan banyak, perlu bantuan truk sampah DLH untuk mengangkutnya,” tandasnya. =YUS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.