Terus Digaungkan, Golkar Klaim Program Makan Gratis Prabowo-Gibran Bisa Majukan UMKM

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor. (Khaerul Umam | Pakar)

CIBINONG – Program makan siang gratis terus digaungkan tim pemenangan Prabowo-Gibran. Salah satunya dilakukan Partai Golkar dalam konsolidasi Pemilu Damai di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Sabtu (6/1/2024).

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengklaim program itu bisa memajukan para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Sebab, kata dia, dalam program makan gratis tersebut bahan pokok yang digunakan adalah dari masyarakat pelaku usaha.

“Ekonomi masyarakat terutama UMKM akan meningkat. Karena kami gunakan bahan pokok dari masyarakat, ayam dan telur misalnya yang itu berasal dari masyarakat,” kata Airlangga.

Sementara, Ketua Penyelenggara Ravindra Airlangga mengatakan, program makan siang gratis merupakan salah satu program unggulan Prabowo-Gibran.

Jika pasangan ini menang, kata dia,
program ini akan menargetkan pada 80 juta penerima manfaat. Sebab tidak hanya mampu memajukan usaha masyarakat, tapi juga menekan angka stunting.

“Kami sudah memiliki timeline, cakupan program ini bakal 100 persen pada tahun 2029 mendatang. Kami optimistis angka stunting di Indonesia, khususnya di Kabupaten Bogor menjadi nol persen,” tegas Ravindra.

Melihat data Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, kata dia, penanganan stunting di daerah pemilihannya ini sudah cukup baik. Data menunjukkan jumlah anak dan balita stunting di Kabupaten Bogor terus mengalami penurunan.

“Tahun ini saya lihat angka tengkes di Kabupaten Bogor turun signifikan. Hanya 1,59 persen, dari tahun sebelumnya di angka 4,78 persen. Ini bagus, dan Program Makan Siang Gratis bisa lebih mendorong agar tercapai angka nol persen,” ujar Ravindra.

Anggota Komisi IV DPR ini pum memastikan progam makan gratis Prabowo-Gibran akan menyediakan makanan bergizi bagi anak dengan mengutamakan ketersediaan protein.

“Selain itu, makanan bergizi juga bakal diberikan pada ibu hamil dan balita pada 1.000 hari pertama,” tandas Ravindra. =MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.