Terkait Soal DOB dan CDOB Secara Otomatis Masuk Ke RPJMD

H. Herman Suherman, Bupati Cianjur. (ESYA)

CIANJUR–Terkait soal Daerah Otonom Baru (DOB) dan Calon Daerah Otonom Baru (CDOB) wilayah Cianjur selatan mulai dibahas kembali dengan Gubernur Provinsi Jawa Barat (Jabar). Meskipun secara otomatis sudah masuk kedalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).


“Memang secara otomatis pembahasan Daerah Otonom Baru (DOB) atau Calon Daerah Otonom Baru (CDOB) wilayah Cianjur selatan, sudah masuk kedalam RPJMD. Insya Allah, jika tidak ada halangan minggu ini, tepatnya dibulan Juli 2021 ini, pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur akan melakukan pembahasan kembali bersama pak Gubernur, Jabar Ridwan Kamil.”Demikian hal tersebut, disampaikan Bupati Cianjur H Herman Suherman kepada wartawan Jumat (30/7/2021).


Bupati Herman berharap nanti setelah dilakukan pembahasan ditingkat Provinsi Jabar, kedepannya mudah-mudahan bisa dijadikan keputusan Gubernur Jabar Ridawan Kamil yang nantinya bisa disampaikan kepada pihak pemerintah tingkat pusat. “Apabila sudah menjadi keputusan Gubernur Jabar. Kita bersama pemerintah provinsi akan menyerahkan langsung ke pemerintah pusat (Pempus),” terangnya.


Sementara itu, slah seorang anggota DPRD Kabupaten Cianjur dari Fraksi Partai Golongan Karya (Golkar) Asep Iwan mengaku jika pihaknya telah merumuskan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) untuk Daerah Otonom Baru (DOB) dan Calon Daerah Otonom Baru (CDOB) Cianjur selatan.
“Sebelum ada pembahasan terkait DOB untuk wilayah Cianjur utara meliputi lima Kecamatan yakni Kecamatan Cugenang, Pacet, Cipanas, Sukaresmi, dan Cikalongkulon. Namun, dalam pembahasan tersebut, lebih cenderung ke (CDOD) wilayah Cianjur selatan,” ungkapnya.


Tidak hanya itu,”lanjut Asep, beberapa waktu lalu, Legislatif dan Eksekutif Cianjur sudah menyetujui dengan adanya pengajuan pemekaran untuk wilayah Cianjur selatan (CDOB) di Gedung DPRD Kabupaten Cianjur. “Memang kita sudah melakukan pembahasan dan dirancang. Bahkan kita ssudah berdiskusi dengan Bappeda Cianjur,” pungkasnya. SYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.