Terjadi Pungutan Uang Kelulusan di SMPN 1 Babakan Madang, Pihak Sekolah Lakukan Bantahan ini

BABAKANMADANG – Diduga telah terjadi pungutan untuk kepentingan biaya kelulusan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Babakan Madang, Kabupaten Bogor, menuai protes dan keluhan dari para orang tua murid. Berdadarkan informasi, pihak SMPN 1 Babakan Madang meminta uang senilai Puluhan ribu rupiah kepada sejumlah orang tua murid kelas 9 (sembilan).

Hal tersebut dibenarkan oleh Salah satu orang tua murid berinisial SAL, bahwa dirinya mengaku adanya pungutan biaya kelulusan sekolah senilai Rp 75.000 ribu. “Saya sudah tanyakan kepada wali kelas, tentang pungutan uang senilai Rp 75.000 ribu tersebut. Dan wali kelas mengatakan uang tersebut untuk sampul dan penulisan (ijazah) dan untuk uang Rp 25 ribu berupa kenangan sekolah,” kata SAL kepada pakuanraya.com.

Ia menuturkan sangat disayangkan adanya pungutan ini, dikarenakan ini sekolahan Negeri dan ditambah saat ini di masa tengah pandemi Covid-19. “Saya besok makan pakai apa pak, karena untuk sekarang mencari uang masih sulit. Apa lagi masih di massa pandemi Covid-19 saat ini. Soalnya ini sekolah negeri, kenapa masih ada pungutan biaya, sebab perekonomian kita serba sangat sulit,” keluhnya.

Senada dikatakan Orang tua murid lainnya, Inisial Nur membenarkan adanya pungutan biaya dari pihak SMPN 1 Babakan Madang. “Uang senilai Rp 75.000 ribu itu untuk ijazah dan memang sudah di informasikan melalui grup masing masing orang tua murid,” ungkapnya.

Ketika dikonfirmasi terkait adanya pungutan tersebut, salah satu guru SMPN 1 Babakan Madang, Yuyun Yuniardi membantah bahwa pihaknya tidak melakukan pungutan liar.

“Disini tidak ada pungutan, jika ada pungutan pasti akan ada surat edaran sebelumnya lalu diberikan kepada sejumlah orang tua murid. Namun bila benar itu ada sejumlah uang yang dipinta dari pihak sekolahan, itu hanya uang sekedar kenang kenangan saja dari orang tua murid kepada wali murid,” tegasnya. AGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.