Teras Sukasari, Jadi Tempat Ngabuburit Pilihan di Kota Hujan

Belum lama beroperasi, Teras Sukasari bisa jadi pilihan warga Bogor untuk ngabuburit atau buka puasa bersama. IST

BOGOR – Bulan Ramadan selalu menjadi bulan yang penuh berkah dan kebahagiaan bagi umat muslim di seluruh dunia. Di Indonesia, bulan Ramadhan juga menjadi bulan yang dinanti-nanti oleh masyarakat, terutama bagi mereka yang suka berburu kuliner dan tempat ngabuburit.

Ngabuburit sendiri merupakan tradisi yang sudah ada sejak lama, di mana kita menunggu waktu berbuka puasa dengan melakukan kegiatan yang menyenangkan. Namun, sering kali kita merasa sulit untuk menemukan tempat ngabuburit yang nyaman.

Tapi, bagi kamu yang berada di Kota Bogor, kamu tidak perlu khawatir kehabisan tempat ngabuburit yang seru, enak, dan keren. Bogor kini memiliki tempat baru yang bisa didatangi untuk ngabuburit bersama teman atau keluarga. Tempat yang baru didirikan pada Desember 2023 lalu ini bernama Teras Sukasari yang berada di sisi Jalan Raya Bogor.

Meski berada di pinggir jalan raya, namun tempat kuliner outdoor ini sangat bersih dan asri. Tenan-tenan makanan dan minumannya juga didesain sangat unik yang membuat betah bagi para pengunjung. Tidak itu saja, tempat-tempat duduk untuk makannya juga tertata rapi sehingga kita terasa berada di taman perbukitan dengan rumputnya yang indah. Ada juga tempat duduk VIP untuk 10 orang yang berada di rooftop, di mana pengunjung yang mau menempatinya harus pesan terlebih dulu.

Pokoknya, setiap pengunjung yang datang ke tempat ini pasti dibuat kagum karena sangat indah dan juga bisa untuk hunting foto. Meski konsepnya outdoor, di tempat ini juga disediakan toilet yang bersih untuk para pengunjung.

Jangan khawatir dengan pilihan makanannya. Berbagai makanan tersedia di Teras Sukasari ini. Mulai dari baso, masakan Padang, bubur ayam, sate Madura, nasi goreng, mie ayam, nasi uduk, nasi bakar, cireng, batagor kuah, wedang jahe, soto mie, soto ayam, masakan khas Sunda, dan kopitiam. Di Teras Sukasari ini juga selalu tersedia produk AQUA yang 100 persen air murni untuk teman berbuka puasa.

Untuk ngabuburit di tempat ini, para pengunjung juga tidak perlu harus merogoh kocek yang terbilang besar. Hal itu karena harga-harga makanan di sini terbilang murah dan terjangkau.

Faris dari Koperasi Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor yang juga pengelola Teras Sukasari mengungkapkan, jika tempat ini dibangun untuk mengakomodir para pedagang kaki lima yang ada di sekitar kantor Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor agar memiliki tempat yang resmi.
“PDAM Kota Bogor berinisiatif untuk membuat tempat ini sebagai bentuk CSR perusahaan. Tapi dalam perjalanannya juga menggandeng pihak Danone dan Pemda untuk menjadikannya sebagai pusat jajan di daerah Bogor,” tuturnya.

Untuk menghibur para pengunjung, dia mengatakan pada setiap malam minggu dan Kamis malam, di Teras Sukasari ini diadakan live music dari para mahasiswa yang ada di Bogor. “Para pengunjung juga bisa ikut perpartisipasi untuk berkaraoke,” ucapnya seraya mengatakan bahwa Teras Sukasari ini akan diresmikan Wali Kota Bogor dalam waktu dekat.

Para pedagang di Teras Sukasari ini menyatakan sangat senang bisa berjualan di sini. Haris, pedagang nasi bakar menuturkan bisa mendapatkan omset sebesar Rp300-500 ribu perhari. “Alhamdullilah, meski masih baru berjualan di sini, saya bisa mendapatkan omset penjualan sebesar itu,” kata pria yang tadinya berjualan di trotoar jalan dekat kantor PDAM.

Pedagang lainnya, Diki, juga bersyukur bisa berjualan di tempat ini. “Selain tempatnya bagus, saya juga tidak dikejar-kejar aparat lagi kalau berjualan,” ujar pria yang tadinya hanya berjualan di lampu merah.

Hal senada juga disampaikan Bu Ira, pedagang nasi Padang dan Aryo pedagang baso, Teguh pedagang nasi goreng, yang sebelumnya berjualan di trotoar jalan.

Para karyawan yang berkantor dekat dengan Teras Sukasari ini juga menyambut baik keberadaan sentra kuliner ini. Said, seorang penjaga toko di Lippo Plaza yang berada di seberang Teras Sukasari ini mengatakan sangat senang dengan adanya sentra kuliner ini. Selain dekat dari tempatnya bekerja, dia mengaku harga makanannya juga sangat terjangkau.
”Sekarang saya dan karyawan-karyawan lain yang ada di Lippo Plaza selalu kalau beli makan siang ke sini. Tempatnya bagus dan makananya juga murah,” tukasnya.

Hal yang sama juga disampaikan Sandi, karyawan Perumda Tirta Pakuan KOta Bogor. “Sentra kuliner ini sangat membantu untuk kita karyawan tirta Pakuan sehingga tidak jauh-jauh cari makan. Harganya juga murah,” pungkasnya.=ROY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.