Terapkan Aturan Ketat, Desa Ini Diganjar Penghargaan

Pemerintah Desa Cipayung, Kecamatan Megamendung, mendapat penghargaan dari Bupati Ade Yasin. Yusman | Pakar

MEGAMENDUNG – Pemerintah Desa Cipayung, Kecamatan Megamendung, belum lama ini diganjar penghargaan dari Bupati Ade Yasin karena dianggap telah aktif dalam penanganan Covid-19 pada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro.

Namun sebagai masyarakat di luar Desa Cipayung mungkin tidak tahu apa yang sebenarnya yang dilakukan desa ini sehingga mendapat penghargaan dari orang nomor satu di Bumi Tegar Beriman ini.

Kepala Desa Cipayung, Cacu Budiawan mengatakan, sejak penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro dilaksanakan, Pemdes langsung membuat sejumlah aturan.

“Kita undang RT,RW BDP, LPM, tokoh masyarakat, tokoh agama dan petugas kesehatan untuk merumuskan aturan, dan sampai keluarnya aturan,” ujar Cacu.

Aturan-aturan tersebut diantaranya

  1. Tetap mengikuti protokol kesehatan dengan melaksanakan 5 M
  2. Kegiatan keagamaan agar dilaksanakan tidak seperti biasa hanya diikuti oleh masyarakat sekitar
  3. Jadwal pelaksanaan kegiatan keagamaan saat ini seperti isra mi’raj agar dipercepat tidak mengikuti jadwal yang sudah ditentukan dan dilaksanakan pada malam hari
  4. Kegiatan keagamaan (Isra mi’raj) dilaksanakan hanya selama 2 jam dan tidak menggunakan pengeras suara
  5. Kegiatan resepsi pernikahan dan khitanan dan kegiatan lainnya yang mengundang banyak orang agar dihentikan sementara atau ditiadakan selama dua Minggu kedepan.

“Aturan ini yang kami terapkan di desa Cipayung, kalau ada yang tidak suka bisa datang ke desa, karena ini sudah aturan,” tegasnya.

Namun, lanjut dia, sejak aturan ini diberlakukan, dampaknya sangat signifikan. Kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan sudah tidak ada.

Kegiatan resepsi juga hanya akad nikah saja yang diikuti sanak saudar saja. “Kami tegaskan ini hanya sementara, sampai kondisi dimungkinan kembali,” tandasnya. =YUS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.