Tebang Pilih, Pedagang Pasar Muka Protes Aksi Satpol PP Cianjur Tertibkan Kios

CIANJUR – Para pedagang di lingkungan Pasar Muka Cianjur memprotes adanya surat yang diterbitkan oleh Satpol PP Kabupaten Cianjur untuk segera membongkar 5 kios. Dalam surat dengan tulisan : S/300.1.3/416/V/2024 dicantumkan para pedagang dihimbau untuk membongkar kiosnya sendiri lantaran dinilai berada di daerah milik jalan (dmj).

Diketahui, di sebrang kios tersebut juga berdiri beberapa lapak, namun tidak diimbau untuk dibongkar. Kawasan tersebut, rencananya bakal dijadikan area ngetem angkot Cipanas. Iman (40), pemilik warung nasi yang sudah berjualan selama 25 tahun di area tersebut, mengatakan, penertiban rencananya hanya dilakukan di lima kios saja, sedangkan di area tersebut berdiri belasan kios. “Keluhannya cuma separuh jalan yang diminta ditertibkan, padahal kan kalau penertiban harus kanan kiri,” kata Iman, Selasa, (1/6/2024).

Ia pun pernah mempertanyakan, rencana adanya penertiban dengan datang langsung ke kantor Satpol PP, namun beberapa pejabat Satpol PP tidak mengetahuinya. “Ada yang janggal, saya kan pernah datang ke Kantor Satpol PP menanyakan soal surat penertiban, tetapi yang di kantor tidak tahu sama sekali,” ujarnya.

Sementara itu, Sobariah (57) mengaku, setuju dengan adanya penertiban bilamana dilakukan kepada seluruh kios. “Kalau penertiban saya setuju, asal semuanya jangan tebang pilih,” kata Sobariah.

Kasi Pengendalian Operasional Satpol PP Cianjur Wawan mengaku, penertiban itu sudah berdasarkan persetujuan para pedagang. “Ada 4 kios sedang ditangani oleh PPNS Satpol PP Cianjur Pak Jekso, itu pun sudah ada pertanyaan dari pemilik kios,” pungkas Wawan. BNM/NDI/SYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.