Tarik Wisatawan, Pasar di Cipanas ini Sediakan Pemandian Air Panas

Bupati Cianjur, H Herman Suherman, didampingi Kepala Diskopperindagin Kabupaten Cianjur, Tohari Sastera dan Kepala UPTD Pasar Cipanas Widya saat meresmikan pemandian air panas alami, dipasar tradisonal Cipanas. Esya | Pakar

CIANJUR—Sebanyak 5 ruang kamar mandi air panas dimiliki Pasar Tradisional Cipanas. Meskipun, potensinya belum termaksimalkan, namun sumber air panas alami tersebut sudah ditata dengan baik. Sementara itu, pemandian air panas alami dii Pasar Tradisional Cipanas tersebut, memiliki luas area sekitar 1.000 meter persegi. Tujuan dari potensi sumber air panas alami ini, untuk memberikan daya tarik wisatawan.

Demikian hal tersebut, dsampaikan Kepala Dinas Koperasi UMKM Perdagangan dan Perindustrian (Diskopperindagin) Kabupaten Cianjur, Tohari Sastra, kepada awak media diisela-sela peresmian air panas di kawasan Pasar Tradisonal Cipanas Jumat (27/5/2022).


Menurutnya, sumber air panas alami di kawasan Pasar Cipanas sudah ada sejak lama. Namun, potensinya belum termaksimalkan. Tujuan dari potensi sumber air panas tersebut, untuk memberikan daya tarik wisatawan yang datang kekawasan Cipanas. “Memang sebelumnya, ada desakan dari berbagai pihak untuk memaksimalkannya. Sebab, nanti akan bermanfaat bagi masyarakat, khususnya bagi UPTD Pasar Cipanas,” terangnya.

Saat ini, lanjut Tohari sumber air panas alami tersebut sudah ditata dengan menggandeng pihak ketiga. Luas area pemandian air panas alami Pasar Cipanas sekitar 1.000 meter persegi. Terdapat 5 ruang/kamar pemandian air panas serta 1 kolam untuk anak-anak. Ditambah fasilitas ruang ganti serta kantin yang nanti akan mengakomodir para pelaku UMKM. “Sekarang, ini (pemandian air panas alami) bisa menambah daya tarik bagi pengunjung pasar maupun wisatawan yang berminat,” ujarnya.


Tohari menjamin aman terhadap kondisi air panas alami ini. Pasalnya, kualitas air sudah melalui penelitian laboratorium di Bandung. Diapun berharap dengan hadirnya fasilitas pemandian air panas alami bisa menambah pendapatan asli daerah (PAD) karena akan ditetapkan retribusi dari tiket masuk. Termasuk untuk menambah operasional UPTD Pasar Cipanas. Bahkan berbagai upaya promosi dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya diantaranya bekerja sama dengan pengelola hotel.


“Alhamdulillah, hasilnya aman dan dapat digunakan untuk kolam pemandian. Apabila ada tamu hotel atau wisatawan yang menginap, nanti bisa diajak berendam air panas di Pasar Cipanas ini. Kami nanti akan menyiapkan mobil untuk mengantar-jemput,” ungkapnya.


Sementara itu, Bupati Cianjur Herman Suherman sangat mengapresiasi inovasi yang dilakukan Diskoperdagin serta UPTD Pasar Cipanas memaksimalkan pptensi sumber air panas alami. Tak hanya jadi daya tarik pengujung pasar, tapi juga wisatawan. “Pasalnya, sumber air panas alami ini, mengandung belerang. Bagus juga untuk pengobatan. Airnya aman karena sudah melalui kajian dan penelitian. Ayo silakan datang ke sini (pemandian air panas alami),” pungkasnya. SYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.