Tanpa APBD, Rena Da Frina Targetkan Relokasi Kabel Udara Selesai Tahun Ini

Jajaran Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bogor saat merapikan kabel provider yang ada di salah satu jalan di Kota Hujan ini, kemarin. IST

BOGOR – Pemkot Bogor sampai saat ini terus menggencarkan penertiban jaringan utilitas kabel dan tiang listrik.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bogor, Rena Da Frina menjelaskan, sampai saat ini pihaknya telah mengeksekusi sejumlah jaringan kabel maupun tiang listrik milik provider, yang tidak mengikuti imbauan yang telah disepakati bersama Asosiasi Penyelenggara Jaringan Telekomunikasi (Apjatel).

“Jadi, kegiatan ini sejak jauh-jauh hari kita sudah peringati provider untuk merapikan kabelnya. Dan sampai waktu yang disepakati, ada provider belum juga merapikannya. Karena itu, sekarang kita eksekusi, dengan cara digunting kabel-kabelnya,” papar Rena, Selasa (9/7/2024).

Dikatakan Rena, upaya penertiban dilakukan untuk mempercepat pemindahan atau relokasi jaringan utilitas kabel udara ke dalam tanah (ducting). Untuk itu, PUPR Kota Bogor juga tidak lagi mengeluarkan izin atau rekomendasi untuk pemasangan tiang listrik.

“Dari pemetaan kita sebenarnya hampir 30 persen kabel-kabel yang ada di Kota Bogor ternyata sampah atau sudah tidak berfungsi lagi. Provider ini pasang kabel baru tapi tidak dicopot lagi untuk kabel lamanya. Bahkan, kabel-kabel yang mereka pasang ini juga tidak disertai dengan perawatan. Nanti setelah ada korban atau tiangnya jatuh baru diperbaiki,” urai dia.

Rena menambahkan, saat ini PUPR bersama Apjatel telah merancang Kota Bogor menjadi kawasan tanpa kabel udara. Untuk pilot project, masih kata dia, ada dua lokasi yang ditunjuk yakni Jalan Ahmad Yani dan Jalan Otista hingga Alun-alun Kota Bogor.

Pihaknya memiliki target, proses relokasi kabel udara ke dalam tanah di dua lokasi itu akan selesai di tahun 2024 ini.

“Untuk pilot project ini berhasil nanti kita lanjutkan ke lokasi lainnya. Ini juga tidak menggunakan anggaran APBD melainkan di-support oleh Apjatel,” tutup Rena.=ROY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.