Tangkap Empat Pelaku Begal di Sentul, Ini Penjelasan Kapolres Bogor

BABAKANMADANG – Kepolisian Resort (Polres) Bogor berhasil menangkap 4 pelaku dan 2 orang penadah soal aksi pencurian sepeda bermotor dengan menggunakan senjata tajam di Jalan Raya Sentul, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor pada Senin, 21 Maret 2022 kemarin.

“Alhamdulilah kita Polres Bogor berhasil mengungkap aksi pencurian sepeda motor dengan tindak kekerasan yang sempat viral beberapa waktu lalu dan aksi tersebut di lakukan oleh 7 orang pelaku kepada 2 orang tukang ojek sebagai korban,” kata KaPolres Bogor, AKBP Iman Imanuddin di Sentul, Selasa (5/4/2022)

Lanjut ia mengatakan bahwa pelaku terdiri dari 7 orang, dan 1 orang di antaranya masih di bawah umur yang melancarkan aksinya dengan menggunakan senjata tajam berupa celurit.

“Jadi 7 orang pelaku ini memang sudah merencanakan untuk melancarkan aksi kejahatan dan setelah membacok korban yang lokasinya di Sentul, pelaku pun menggeser ke wilayah Cileungsi yang korban selanjutnya merupakan tukang jualan pecel lele dan berhasil membawa kabur satu unit handphone dengan cara mengancam korban menggunakan senjata tajam,” ucapnya.

AKBP Iman Imanuddin juga menyebutkan bahwa pelaku yang terdiri dari 7 orang tersebut yang masih remaja mengalancarkan aksinya dalam semalam sebanyak 3 kali ditempat yang berbeda dan korban yang berbeda.

“Tak hanya itu terdapat korban lain yang saat itu sedang membawa sepeda motor pcx dan pelaku juga berhasil membawa sepeda motor tersebut. Jadi dalam semalam pelaku telah mendapatkan 2 unit sepeda motor dan 1 unit handphone,” terangnya.

Dirinya juga menyampaikan bahwa 3 orang pelaku masih dalam pengejaran pihak Kepolisian Resort (Polres) Bogor dan akibat kejadian tersebut pelaku terjerat pasal 365 KUHP ayat 2 dengan ancaman 12 tahun penjara.

“Untuk 2 orang penadah atau pembantu aksi kejahatan kita kenakan pasal 480 KUHP, dan untuk 3 orang pelaku ini masih terus kita lakukan pengejaran dan bakal kita ambil tindakan tegas yang sudah meresahkan masyarakat,” tegasnya.

Sementara itu Kasat Reskrim Polres Bogor, AKP Siswo Decuellar Tarigan menyampaikan bahwa saat pihaknya melakukan penangkapan terhadap pelaku, sejumlah pelaku melakukan perlawanan terhadap petugas.

“Jadi saat kita akan melakukan penangkapan di berbagai lokasi Kota Bekasi, Klapanunggal, Gunung Putri pada 31 Maret 2022. Pelaku pun sempat melakukan perlawanan, akhirnya kita segera mengambil tindakan tegas dan terukur,” katanya.

Ia juga menjelaskan bahwa saudara RB (20) asal Gunung Putri menjadi pelaku utama kejadian aksi pencurian sepeda bermotor dengan cara membacok korban berulang-ulang.

“Sehingga korban pun mengalami luka bacok pada badan dan lengan kanan, dan korban juga sempat mengalami patah tulang sehingga korban terpaksa di rawat di RSUD Cibinong selama 3 hari,” tandasnya. AGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.