Tanggap Darurat, PUPR Pasang Bronjong Antisipasi Longsor Sususulan di Jembatan Hambalang

Warga memasang bronjong di lokasi longsor untuk antisipasi agar tak terjadi longsor susulan di Jalan Hambalang. Age | Pakar

CITEUREUP – Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Bogor melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Infrastruktur Jalan IX Cileungsi tengah melakukan pemasangan bronjong usai jembatan menuju Desa Hambalang mengalami longsor hingga nyaris putus.

Hal itu disampaikan oleh Pengawas UPT Infrastruktur Jalan IX Cileungsi, Aep kalau pemasangan bronjong tersebut membutuhkan waktu kurang lebih 14 hari atau 2 minggu.

“Kita sudah terima laporan beberapa hari lalu kalau jembatan di Desa Hambalang ini longsor dan maka hari ini tindak lanjut dari laporan tersebut, kita dari PUPR sedang melakukan perbaikan dengan pemasangan bronjong,” katanya kepada PAKAR.(2/3)

Dirinya juga menyebut pemasangan bronjong tersebut dengan panjang 5 meter dan tinggi 3 meter.

“Ini tanggap darurat makanya kita ngambil langkah cepat dengan cara pemasangan bronjong agar longsor ini tidak merembet kemana-mana. Dan untuk panjang bronjong ini sekitar 5 meter dan tinggi 3 meter,” jelasnya.

Sebelumnya Salah satu warga, Ujang membenarkan kalau jembatan nyaris putus tersebut akibat bagian pinggir jembatan mengalami longsor pada Minggu, (26/2/2023).

“Bagian bawah jembatan itu longsor beberapa hari lalu jadi jembatan menuju Desa Hambalang nyaris putus. Dan untuk akses menuju Hambalang dialihkan dulu sementara, yah walaupun mitra balik lumayan jauh,” katanya kepada PAKAR.(1/3)

Bukan hanya itu ia juga berharap Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor untuk segera memperbaiki jembatan yang nyaris ambruk tersebut usai longsor beberapa hari lalu.

“Yah semoga Pemerintah Kabupaten Bogor cepat memperbaiki jembatan ini, karena kita warga mau pulang agak muter yah lumayan jauh juga mas,” keluhnya.

Sementara itu Kepala Desa Hambalang, Wawang Sudarwan mengatakan kalau longsor dibagian bawah jembatan tersebut kemarin Minggu malam.

“Longsornya minggu malam, jadi kita ga bisa lewat dulu. Makanya sementara waktu ini kita tutup sementara dan roda dua maupun roda empat kita alihkan sementara agar longsornya tidak semakin dalam,” ungkapnya.

Ia juga mengaku kalau Pemerintah Desa Hambalang, Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor telah melaporkan kejadian tersebut ke Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Bogor.

“Alhamdulilah sudah kita laporkan kejadian ini ke PUPR, yah kita berharap segera ditindak lanjuti dan segera diperbaiki,” tukasnya. AGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.