Tanggap Darurat Cianjur Dihentikan, Pemkab Tetap Cari Korban yang Belum Ditemukan

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil didampingi Bupati Cianjur Herman Suherman saat berada di RSUD Sayang Cianjur. Endi | Pakar

CIANJUR – Meski masa tanggap darurat gempa bumi diwilayah Cianjur, secara resmi telah berakhir selama 30 hari. Dari sejak pasca gempa yang melanda pada Senin, 21 November 2022 lalu.

Tapi bagi keluarga korban yang belum menemukan keluarganya yang diduga masih tertimbun longsor di seputaran Desa Cijedil tepatnya di Sate Shinta dapat bernafas lega.

Pasalnya Pemkab Cianjur akan tetap melanjutkan pencarian dengan segala daya dan upaya agar keinginan para keluarga korban dapat terealisasi.

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Fatah Rizal membenarkan, jika fase tanggap darurat gempa Cianjur resmi berakhir dengan keputusan perpanjangan untuk pencarian korban.

“Memang berdasarkan hasil keputusan rapat koordinasi antara Pemkab dan BNPB. Terkait soal pencarian korban yang belum ditemukan akan dilanjutkan oleh Pemkab Cianjur,”kata Rizal kepada wartawan, Selasa (20/13/2022).

Menurutnya, penanganan akan beralih ke tahap masa transisi darurat pemulihan dengan tetap memperhatikan korban gempa bumi yang masih bertahan di tenda-tenda pengungsian.

Tujuannya agar masyarakat mulai kembali beraktivitas seperti biasanya. Sehingga tidak harus berlama-lama ditenda pengungsian yang hanya mengandalkan bantuan.

“Saat ini, memang sudah masa transisi pemulihan. Jadi upaya penanganan bencana dan pemenuhan kebutuhan bagi korban di tenda-tenda komunal,” katanya.

Sedangkan khusus untuk warga yang rumahnya rusak sedang atau berat dan tidak bisa ditinggali lagi maka telah disiapkan tenda keluarga.

“Saat ini, Pemkab telah menyiapkan tenda keluarga untuk para korban bencana gempa,” bebernya.

Terpisah Bupati Cianjur H Herman Suherman berharap di masa transisi darurat pemulihan korban meninggal akibat gempa dapat ditemukan secepatnya.

“Memang saat ini intinya transisi pasca darurat dan akan terus dilakukan pencarian, Mudah-mudahan saja dapat ditemukan,” pungkasnya. SYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.