Tangani Stunting, Pemkab Cianjur Gelontorkan Anggaran Rp20 Miliar

Bupati Cianjur H. Herman Suherman bersama Wakil Bupati TB Mulyana Syahrudin saat membuka acara rembuk stanting Kabupaten Cianjur tahun 2021. (humascianjur)

CIANJUR – Bupati Cianjur H. Herman Suherman didampingi Wakil Bupati Cianjur TB Mulyana Syahrudin membuka acara rembuk stunting Kabupaten Cianjur tahun 2021 dalam strategi konvergensi pengarahan dan penanganan stunting di Bale Praja Kamis (27/05/2021).

Dalam kesempatan itu Bupati Cianjur menyampaikan dalam kaitan stunting di kabupaten Cianjur optimalkan seluruh stakeholder untuk sesuai bidangnya masing – masing, Kesepakatan rembuk stunting Kabupaten Cianjur rahun 2021 antara lain , lokasi stunting tahun 2021 di 21 Kecamatan dan 50 Desa. Alokasi Anggaran untuk stunting di tahun 2021 dianggarkan dari APBN, APBD, DBH, Dana Desa dan CSR. Total anggaran tahun 2021 sebesar Rp20.212.147.200 dari 8 OPD, CSR (Aisyiyah, PT.Tirta Investama), dan dari Dana Desa.

“Adakan rembuk stunting sampai tingkat Desa. Camat melakukan monitoring dan evaluasi di desa fokus. Pembentukan satgas stunting tingkat Kecamatan dan Pokja Stunting tingkat Desa,” ucap Bupati.

Herman menjelaskan bahwa Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis, sehingga tinggi anak terlalu pendek untuk usianya. Kondisi kekurangan gizi ini terjadi sejak bayi dalam kandungan dan pada masa awal setelah lahir.

Namun stunting baru terlihat setelah anak berusia dua tahun. Ibu hamil dengan gizi kurang, bayi tidak asi eksklusif, berat bayi lahir rendah (BBLR) panjang bayi <48cm, status sosial ekonomi keluarga pendapatan keluarga, pendidikan orang tua, pengetahuan ibu tentang gizi, anak yang sering sakit karena penyakit infeksi, sanitasi lingkungan yang buruk.

“Bagaimana mengetahui Stunting, Anak ditimbang setiap bulan berat badan tidak naik, bahkan cenderung menurun. Perkembangan tubuh terhambat, seperti telat menarche (menstruasi pertama anak perempuan), Anak mudah terkena penyakit infeksi,” jelasnya. RIF*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.