Tangani Kesehatan Warga, Camat Sukamakmur Minta Pustu Sukawangi Direhab

Agus Manjar, Camat Sukamakmur. Age | Pakar

SUKAMAKMUR – Warga Desa Sukawangi lebih memilih berobat ke ke RSUD Cimacan, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur. Pemerintah Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor meminta Pemerintah Daerah untuk melakukan peningkatan pelayanan kesehatan.

“Kalau Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) itu tidak melihat dari domisili atau tempat tinggal masing-masing warga, karena mereka melihat dari kemanusian,” kata Camat Sukamakmur, Agus Manjar.

Ia juga membenarkan tidak adanya Rumah Sakit Umum di Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor sehingga memaksakan sejumlah warga berobat ke RSUD Cimacan.

“Memang kita di Sukamakmur tidak memiliki Rumah Sakit Umum, maka untuk Pemerintah Daerah seharusnya membangun rumah sakit terdekat karena untuk menuju ke RSUD Cileungsi bisa dikatakan sangat jauh bagi warga yang tempat tinggalnya di Desa terujung misalnya Sukawangi, Sukaharja, Sukadamai, dan Wargajaya,” ucapnya.

Agus Manjar juga meminta untuk meningkatkan fasilitas kesehatan misalnya Tenaga Kesehatan (Nakes) yang ada di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas).

“Seharusnya peningkatan kesehatan aja dulu, karena untuk di puskesmas saja masih banyak sekali tenaga kesehatan yang memadai. Dan untuk membangun gedung itu mungkin tidak terlalu sulit,” terangnya.

Senada dikatakan Sekretaris Camat, Bakri Hasan bahwa dirinya membenarkan adanya warga Desa Sukawangi yang lebih memilih berobat ke RSUD Cimacan di bandingkan RSUD Cileungsi.

“Desa Sukawangi itu perbatasan dengan Cianjur dan untuk mengakses fasilitas kesehatan warganya lebih memilih berobat ke RSUD Cimacan, Kecamatan Cimapanas yang jaraknya sangat dekat di bandingkan RSUD Cileungsi, Kabupaten Bogor,” katanya.

Ia juga meminta untuk merehabilitas Pukesmas Pembantu yang ada di wilayah Kecamatan Sukmakmur, Kabupaten Bogor.

“Desa Sukawangi itu seharunya Puskesmas Pembantu perlu di rehab, walaupun di Pustu itu tidak bisa melakukan rawat inap jadi perlu adanya peningkatan akses kesehatan dan untuk menempuh jarak ke Cianjur pun lebih dekat,” pungkasnya. AGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.