Tangani Infrastuktur Jalan dan Irigasi, Pemkab Cianjur Siapkan Rp110 Miliar

Kantor Dinas PUPR Kabupaten Cianjur. Esya | Pakar

CIANJUR– Untuk perbaikan dan pemeliharaan jalan serta pembangunan irigasi tahun 2022, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Canjur, telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp110 miliar. Dari total sebesar Rp 110 miliar tersebut, sebesar Rp 80 miliar untuk peningkatan jalan sepanjang 27 kilometer dan pemeliharaan jalan kurang lebih 880 kilometer.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Cianjur, Eri Rihandiar menjelaskan, alokasi anggaran sebesar Rp80 miliar tersebut untuk menambah peningkatan jalan mantap ataupun pemeliharaan jalan yang sudah dibangun. Selain itu khusus pembangunan Irigasi (Sumber Daya Air) dialokasikan sebesar Rp18 miliar. Dari total ada sembilan irigasi yang ada didilayah penanganan Kabupaten Cianjur yang akan dibangun.


“Seperti diketahui, di Kabupaten Cianjur luas irigasi 1000 kilometer, kita anggarkan agar kondisi irigasi kita lebih baik. Sementara itu, sisa anggaran yang ada akan dipergunakan untuk kegiatan di bidang teknik,” katanya.

Terpisah Kepala Desa (Kades) Gelaranyar, Kecamatan Pagelaran, Jenal mengaku sangat menyambut baik alokasi anggaran yang telah canangkan Pemkab Cianjur untuk perbaikan dan pemilharaan jalan kabupaten. “Tentunya saya sangat menunggu kabar bagus ini, dan mudah-mudahan yang direncanakan oleh Dinas PUTR salah satu titiknya ada di Desa Gelaranyar, Kecamatan Pagelaran,” terang sekertaris Apdesi Cianjur ini.


Menurutnya, ada sekitar tiga kilometer jalan kabupaten dari Kampung Cipeuteuy-Ciputat yang merupakan jalur penghubung antara Kecamatan Pagelaran dengan Kecamatan Kadupandak. Kondisi jalan kabupaten tersebut rusak berat apalagi dimusim hujan. Karena belum pernah ada perbaikan dari sejak tahun 1995.
“Makanya, saya sangat berharap sekali agar Pemkab Cianjur segera memperbaiki titik jalan tersebut. Sebab jika akses jalan utama tersebut sudah diperbaiki bukan tidak mungkin roda ekonomi pun akan menggeliat. Selama ini, jika ada warga yang membawa hasil bumi ke kota sangat kesulitan dengan kondisi jalan rusak,” pungkasnya. SYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.