Tanam 6 Ribu Pohon di Tebingan Gunung Salak, Katar Pusaka Berharap Tidak Ada Longsor dan Kekeringan

Ketua Katar Kabupaten Bogor secara simbolis memberikan bibit pohon kepada Ketua Katar Pusaka Desa Cijeruk. IST

CIJERUK – Enan ribu pohon ditanam di lereng Gunung Salak sebagai upaya menjaga lingkungan dari gundulnya lahan.

Kegiatan penanaman pohon guna memperingati Karang Taruna Pusaka yang berdiri sejak 1960 hingga 2021 ini.

Jenis pohon yang ditanam berupa taman produktif seperti tanaman buah nangka, rambutan, durian, dan tanaman pelindung diantaranya sngon, albasia serta tanaman lainnya.

Ketua Karang Taruna Pusaka Desa Cijeruk, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Eman Sule mengatakan, gerakan tanam pohon ini sebagai upaya pemuda menjaga kelestarian lingkungan dan menjaga alam.

Dengan begitu, kata dia, pohon-pohon ini akan melindungi dari kekeringan, pergerakan tanah, longsor dan sebagai pemberi oksigen.

“Kegiatan penanaman pohon ini dilakukan secara bertahap dari mulai Jumat, Sabtu dan puncaknya hari ini Minggu kami tanam secara serentak, dan di buka secara simbolis oleh Ketua Katar Kabupaten Bogor bersama masyarakat,” ujarnya.

Selain penanaman pohon, kegiatan 61 tahun Karang Taruna ini, diisi juga dengan kegiatan sosial lainya, seperti santunan kepada anak yatim dan juga penyerahan bantuan kepada warga kurang mampu.

Katar Pusaka akan terus peduli lingkungan dan juga sosial. Hal ini dilakukan untuk mencontoh generasi muda lainya untuk berkarya ke arah yang positif.

“Bukan hari ini saja, kami lakukan kegiatan peduli lingkungan program Katar Pusaka selain peduli kepada sesama, juga peduli terhadap korban alam dan program kami ini kami lakukan untuk mencontoh kepada pemuda lainya agar berkarya dalam hal yang positif,” tandasnya. =YUS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.