Tanah Amblas, 2 Rumah di Pancawati Jebol

CARINGIN – Hujan deras yang terus mengguyur wilayah Bogor, berdampak bencana alam disejumlah wilayah seperti yang menimpa dua rumah milik Mamah dan Iyoh dikampung Pasir Tengah Rt 03 RW 08 Desa Pancawati Kecamatan Caringin akibat tanah amblas pada Senin lalu. Beruntung,  dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa.


Kepala Desa Pancawati H. Iqbal Jayadi saat dikonfirmasi Pakar membenarkan, jika kejadian tersebut disebabkan hujan deras yang cukup lama di wilayah tersebut dan adanya pengikisan tanah pada (sumur) sehingga mengakibatkan 2 unit rumah mengalami kerusakan.
“Akibat hujan terus menerus, akhirnya tanah terkikis dan dua unit rumah temboknya terbawa longsor akibat tanahnya amblas,” kata Iqbal kepada Pakar.


Iqbal mengaku, tak lama pasca kejadian pihak Tim Reaksi Cepat (TRC) sudah langsung mendatangi lokasi dan menutup dua dinding rumah dengan terpal. “Alhamdulillah kami dari pihak desa sudah mengambil langkah darurat dengan memberikan bantuan sembako, dan TRC bersama pihak desa menutup dinding , kamar mandi dan Dapur dengan terpal,” akunya.


Iqbal menjelaskan, pihak desa dan TRC sudah memberikan Edukasi terkait kebencanaan kepada warga terutama korban dan warga yang berada di lokasi rawan longsor. “Pihak TRC dari BPBD beserta pihak desa sudah memberikan edukasi kepada warga, hal tersebut untuk menekan angka resiko bencana,” katanya.


Iqbal meminta, kepada warga yang berada dilokasi rawan bencana untuk tetap waspada dan segera melaporkan kepada pihak desa melalui Rt maupun Rw. Sehingga pihak desa bisa segera mengambil langkah. “Rumah masih ditempati oleh pemiliknya dan untuk kerusakan pada dinding yang jebol sudah ditutup menggunakan terpal, insyaa allah untuk logistik darurat kami sudah berikan,” pungkasnya. UJG
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.