Tak Mau Kalah, Kelurahan Mulai Siapkan Kampung Wisata

Kadisbudpar Kabupaten Bogor Deni Humaedi. IST

CIBINONG – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor saat ini mulai melirik potensi wisata di wilayah kelurahan dengan merancang Kampung Wisata.

Kepala Disbudpar Kabupaten Bogor, Deni Humaedi mengatakan, wilayah Kabupaten Bogor secara administratif itu ada 40 kecamatan, 19 kelurahan dan 416 desa. Namun memang, perhatian hingga pengembangan lebih banyak ke desa, karena kata dia, desa yang paling dominan di Bumi Tegar Beriman ini.

Padahal, sambungnya, banyak potensi wisata juga di kelurahan. “Jadi Disbudpar akan mendorong potensi wisata yang ada di kelurahan yaitu membentuk kampung wisata,” ujar Deni Humaedi kepada wartawan.

Pembentukan Kampung Wisata memang baru tahun ini secara definitif akan dibentuk.

“Kampung wisata akan kita bentuk mulai di Kecamatan Cibinong dulu, karena Cibinong hampir semua sudah kelurahan,” ucapnya.

Rencananya akan ada empat kelurahan yang membentuk kampung wisata di tahun 2023 ini.

“Tapi kelurahannya masih belum bisa kami pastikan, semuanya ada empat kelurahan atau empat kampung wisata,” terangnya.

Secara konsep, lanjut dia, Kampung Wisata lebih heterogen dibanding Desa Wisata. Konsep dimunculkan mengikuti tradisi wilayah.

“Kalau yang kuatnya seni tradisional kita akan munculkan itu, kalau ada potensi yang lain tinggal kita kembangkan,” bebernya.

Mudah-mudahan, harap dia, rencana pembentukan Kampung Wisata di empat kelurahan di Kecamatan Cigombong bisa terbentuk di tahun ini, dan ia berharap kampung wisata ini bisa menjadi pilot projek untuk kelurahan lainnya.

Sementara, salah lurah di Kecamatan Cisarua mengapresiasi pembentukan kampung wisata di kelurahan.

“Kampung wisata akan menjadi ikon kelurahan sebagai destinasi wisata, mudah-mudahan Kelurahan Cisarua bisa membentuk kampung wisata, tinggal menggali potensi wisata yang ada,” ucap Lurah Cisarua, Heru Heriawan. =YUS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.