Tak Masuk KK Karena Keluarga Malu, Dinsos Kesulitan Data ODGJ di Kabupaten Bogor

Para penyandang ODGJ saat berada di panti rehabilitasi Dinsos. IST

CIBINONG – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bogor mencatat, sebanyak 2.767 warga berstatus Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Pendataan itu dilakukan dengan upaya pendekatan kepada keluarga hingga saat ini.

Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial, Dian Mulyadiansyah
mengatakan, proses pendataan ODGJ tidak berjalan mudah. Pihaknya menemui kesulitan, faktor utamanya karena mereka tidak dicatat dalan Kartu Keluarga (KK).

Padahal, kata dia, untuk mendapatkan akses bantuan perlindungan sosial dasarnya adalah mereka harus punya administrasi kependudukan.

“Makannya kita dorong ke keluarga untuk dimasukan dalam Kartu Keluarga (KK), sehingga mereka memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK). Dan ini akan memudahkan pendataan,” kata Dian, Rabu (27/7/2022).

Tak hanya mendata, NIK ODGJ juga akan memudahkan pemerintah untuk menyalurkan bantuan seperti merujuk ke rehabilitasi sosial baik melalui pengobatan ataupun rujukan ke Rumah Sakit Marzoeki Mahdi di Kota Bogor untuk menerima pelayanan medis bersama dengan Dinas Kesehatan dan Puskesmas di bidang kesehatan jiwa.

“Yang sudah dalam proses rehabilitasi medis itu hampir setengah dari jumlah tersebut, mereka sudah secara rutin melakukan pengobatan dengan didampingi para pendamping disabilitas mental,” ujar Dian.

Sementara, Koordinator Front Office Sistem Layanan Rujukan Terpadu Graha Pancakarsa, A. Hermawan mengatakan bahwa salah penyebab tidak didaftarkannya ODGJ pada Kartu Keluarga itu disebabkan oleh rasa malu Keluarga ODGJ.

“Dari hasil assessment, kebanyakan Keluarganya malu dan takut menyusahkan keluarga atau ada juga yang alasannya karena ODGJ nya sudah akut, yang bisa merusak atau mau membunuh,” kata Hermawan.

Kendati demikian, ia menyebut, alasan-alasan itu tidak bisa digeneralisasikan. Karena menurutnya, keluarga ODGJ memiliki alasannya masing-masing.

“Kembali lagi ke keluarganya. Karena banyak juga ODGJ yang masuk ke KK,” tandas Hermawan. =MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.