Tak Datang ke Lokasi Rumah Warga yang Ambruk, PK GMPI Nilai Camat Bogor Utara Tak Peka

Ketua PK GMPI Kecamatan Bogor Utara Ikram Juansyah saat berada di lokasi rumah warga yang ambruk di Kampung Rambai RT 03/06, Kelurahan Ciluar, Kecamatan Bogor Utara. (Ist)

BOGOR – Hujan deras disertai angin kencang yang melanda wilayah Kota Bogor pada Jumat 23 September 2022, memunculkan fakta baru. Salah satu rumah milik warga di Kampung Rambai RT 03/06, Kelurahan Ciluar, Kecamatan Bogor Utara ambruk pada bagian dapurnya dan juga ada pohon tumbang. Adapun rumah yang ambruk itu milik Fitri Yanah (36). Namun dibalik fakta kejadian rumah ambruk itu, Camat Bogor Utara Riki Robiansah disebut-sebut belum menyambangi lokasi bencana. 

Hal itu diungkapkan Ketua PK GMPI Kecamatan Bogor Utara Ikram Juansyah. Ia menyesalkan ketidahadiran Camat Bogor Utara saat bencana rumah ambruk di Kampung Rambai. “Sangat kami sesalkan, ketidak pekaan Camat, saat ada warga yang mengalami penderitaan. Mungkin, beliau hadir tapi kami tidak melihat atau beliau pura-pura tidak melihat keberadaan kami dilokasi itu,” kata Ikram saat ditemui pada acara milad GMPI ke-2 Kecamatan Bogor Utara, kemarin.

Kritik yang disampaikan, oleh Ketua PK GMPI Kecamatan Bogor Utara itu sangatlah beralasan karena Camat Bogor Utara saat ini lebih tertarik pada acara simbolisisasi dan seremoni. “Padahal, di Milad ke-2 GMPI kami ingin mengajak Camat untuk turun bersama meninjau lokasi bencana tapi ternyata beliau tidak hadir,” cetusnya.

Menurutnya, GMPI Kecamatan Bogor utara sebagai organisasi pemuda telah melakukan berbagai kegiatan membantu pemerintah diberbagai bidang. “Kami pastikan, sampai hari ini kami tidak pernah meminta bantuan hibah atau bantuan apapun untuk program yang kami jalankan terlebih untuk bantuan sosial murni dari kantong anggota,” tegasnya.

Oleh karena ini, Ikram Berharap agar Walikota Bogor dapat mengevaluasi kinerja bawahannya alias Camat Bogor Utara. “Aparatur wilayah, adalah ujung tombak layanan masyarakat kehadiran mereka adalah kepanjangan pemerintah dalam melayani rakyatnya,” ucapnya.

Untuk diketahui, pada acara Milad GMPI ke-2 yang dilakukan di Aula Kecamatan Bogor Utara, dilauncing juga program GMPI Explore dan donasi dari undangan untuk membantu warga yang mengalami rumah ambruk  di Kampung Rambay.

Menanggapi hal ini, Camat Bogor Utara Riki Robiansah mengakui jika dirinya ketika itu memang belum ke lokasi bencana rumah warganya yang roboh.

“Pas kejadian, saya memang belum ke lokasi, karena masih ada kegiatan lain pada saat itu, tapi saya perintahkan lurah pada saat kejadian untuk ke lokasi saat itu juga. Memang ada dua titik bencana, pertama pohon tumbang dan satu titik rumah roboh,” katanya, Senin 26 September 2022.

Baru tadi Senin pagi, Lanjut Riki, dirinya menemui warga korban bencana sekaligus menyerahkan bantuan bagi keluarga korban bencana. “Bantuan natura dan lainnya sejak awal sudah disalurkan, tadi juga kembali kita berikan bantuan. Untuk kerusakan rumah, nanti dimasukan dalam bantuan program BSTT di Disperumkim,” jelasnya. RIF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.