Tak Beri Ruang Bagi PKL, Ratusan Pohon Ditanam di Kawasan Stadion Pakansari

Kadiskominfo Kabupaten Bogor, Bayu Ramawanto saat menanam pohon di kawasan Pakansari. IST

CIBINONG- Pemerintah Kabupaten Bogor yang tergabung dalam Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) melakukan penghijauan melalui kegiatan penanaman pohon, di kawasan Stadion Pakansari Cibinong, Jumat (4/8/2023).

Itu dilakukan untuk menata kawasan Stadion Pakansari agar lebih rapi dan asri, sebagai pusat kegiatan olahraga masyarakat Kabupaten Bogor.

Sedikitnya, ada 820 pohon yang ditanam di kawasan Stadion Pakansari dengan berbagai jenis, antara lain pohon jenis jacaranda, ketapang, kencana dan lainnya.

Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan menjelaskan, Stadion Pakansari adalah salah satu gedung kebanggaan dan landmark juga sebagai pusat berkumpulnya masyarakat, sehingga harus ditata dengan baik.

“Kami sepakat bersama Forkopimda, para Kepala Perangkat Daerah dan seluruh Camat se-Kabupaten Bogor, untuk menata kawasan Stadion Pakansari ini dengan menanam pohon. Selain rapi juga sebagai upaya penghijauan, membuat teduh dan indah,” terang Plt. Bupati Bogor.

Iwan Setiawan juga menegaskan, siapapun yang merusak pohon yang telah ditanam di kawasan Stadion Pakansari untuk segera mengamankan pelakunya.

“Kita telah kerjasama dengan Kapolres Bogor juga Dandim 0621 dan Satpol PP, Camat Cibinong dan Lurah Pakansari agar bersama-sama menjaga kawasan ini supaya kawasan Pakansari tetap terkendali dan indah,” tegasnya.

Di kesempatan yang sama, Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan, bersama DPKPP juga jajaran anggota Pramuka menertibkan baliho yang terpasang di sejumlah pohon di kawasan Stadion Pakansari. Penertiban mulai dari iklan, billboard dan baliho yang dipasang di pohon pakai paku.

Menurutnya gerakan memungut dan mencabut paku mudah-mudahan bisa digerakan juga di 40 kecamatan. Ia juga melarang keras masyarakat pasang baliho liar dan memasang paku sembarangan di pohon-pohon milik Pemda.

“Tadi saya secara simbolik dengan teman-teman DPKPB dan adik-adik Pramuka mencabut paku yang terpasang di pohon karena pemasangan baliho secara liar. Gerakan ini akan rutin saya lakukan, saya minta ke DKPP untuk dilakukan secara rutin setiap hari Jumat. Masyarakat juga tahu bahwa kita yang memelihara, kita yang menjaga tolong masyarakat jangan pasang dan memaku baliho sembarangan di sekitar Pemda,” tandasnya. =YUS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.