Tahun Depan, Perumda Tirta Pakuan Bidik Bisnis Baru Untuk Tambah Pendapatan

Dirut Perumda Tirta Pakuan Rino Indira saat menjelaskan rencana perusahaannya di tahun 2022. IST

BOGOR – Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor terus mematangkan rencana menarik pendapatan dari potensi sektor bisnis lain, selain menyediakan air minum bagi pelanggan.

Direktur Utama (Dirut) Perumda Tirta Pakuan, Rino Indira Gusniawan menegaskan, pihaknya tengah mematangkan rencana kemungkinan potensi bisnis lain untuk menggenjot pendapatan.

Dalam waktu dekat, kata Rino, pihaknya akan membuat Fesibility Studies (FS) atau studi kelayakan rencana pengembangan usaha (bussiness plan) untuk tahun depan.

“Diantaranya kemungkinan kita buat air kemasan. Baik dijual langsung atau kita suplai ke produsen. Atau, ada kemungkinan kita ‘main’ di penyuplai es batu yang katanya di Kota Bogor itu-itu saja, kemungkinan-kemungkinan itu akan kita matangkan,” jelas Rini, Kamis (16/12/2021).

Untuk mewujudkan hal itu, tegas Rino, pihaknya memang tidak akan bekerja sendiri, melainkan bakal bekerja sama dengan pihak lain atau investor.

Pihaknya mengaku, sudah melakukan inventarisasi rencana bisnis secara internal. Tinggal melanjutkan diskusi dengan pihak lain atau calon investor dalam Forum Discussion Group (FGD), yang direncanakan pada pekan depan.

“Untuk itu mulai akhir tahun ini atau awal tahun depan kita mulai bertemu banyak pihak, dengan tujuan membuka kerjasama. Mulai dari pemkot melalui ibu sekda, pimpinan BUMD lain, Pemprov Jabar hingga pusat dan swasta, untuk business plan lima tahun kedepan,” paparnya.

Hal itu dilakukan agar target Perumda Tirta Pakuan sejalan dengan target Pemkot Bogor, Pemprov Jabar hingga pemerintah pusat. Termasuk sebagai dasar pengajuan Penyertaan Modal Pemerintah (PMP) ke pemerintah.

“Hampir semua kita tidak kerjakan sendiri. Kita gandeng beberapa pihak karena kita ingin tetap di koridor penjual air minum saja. Selain itu bentuknya kerjasama,” tandas Rino.

Ditambahkan Rino, sumber pendapatan dari rencana pengembangan bisnis lain itu akan berbentuk sharing profit atau berbagi keuntungan.

“Jadi kita sharing profit. Itu akan kita gunakan untuk meningkatkan pelayanan ke pelanggan di Kota Bogor,” ungkapnya.

Sehingga, ujar Rino, pada kuartal pertama tahun 2022 pihaknya bakal membuka apa saja potensi bisnis di Perumda Tirta Pakuan.

“Kita undang semua potensi kerjasama, jadi selain investasi utama kita suplai air ke pelanggan. Kita dapat keuntungan dari kerjasama pengembangan bisnis ini. Jadi pelayanan utama kita tetap,” pungkas Rino.=ROY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.