Tagar ‘TangkapFerdinand’ Kian Menggema, Polisi Didorong Segera Bertindak

Pegiat media sosial, Ferdinand Hutahean. (instagram ferdinand)

JAKARTA – Lagi, Ferdinand Hutahaean di Twitter nya bikin heboh jagat maya. Karena cuitannya dinilai telah melecehkan agama. Sehingga unggahan itu juga menjadikan tagar #TangkapFerdinand pun trending pada Rabu (5/1). Namun, twit pada akun @FerdinandHaean3 pada Selasa (4/1) tersebut telah dihapus oleh Ferdinand.

“Bahwa jika benar itu akun milik Ferdinand Hutahaean, maka offside karena yang bersangkutan bukanlah seorang muslim,” kata Ketua LBH Pelita Umat Chandra Purna Irawan dalam legal opininya kepada media, Rabu (5/1/2022).

Menurut Chandra, Ferdinand sebagai nonmuslim tidak patut mencampuri, merendahkan, dan melecehkan Tuhan agama lain dengan membandingkan Tuhan agama lain dengan Tuhan dalam agamanya.

“Bukan hanya membandingkan, tetapi dengan narasi Tuhan agama di luar agamanya lemah, sedangkan Tuhanku luar biasa, jelas sebuah perbandingan yang menghinakan Tuhan umat agama lain,” tutur Chandra.

Ketua eksekutif BPH KSHUMI itu menilai perbuatan Ferdinand dapat dikategorikan tindak pidana 156a KUHP. Unsur perbuatan tindak pidananya menurut Chandra, berupa permusuhan, pelecehan, merendahkan terhadap suatu agama yang dianut di Indonesia adalah perbuatan yang dapat dipidana berdasarkan Pasal 156a KUHP.

Lalu, unsur dengan sengaja mengeluarkan perasaan atau perbuatan permusuhan, merendahkan, dan melecehkan adalah menyatakan perasaan permusuhan atau kebencian atau meremehkan agama tertentu.

Chandra mengingatkan bahwa unsur utama untuk dapat dipidananya Pasal 156a adalah unsur sengaja jahat untuk memusuhi, membenci (malign blasphemies). Dinyatakan di hadapan dan/atau ditujukan kepada publik. Artinya, dapat dinilai unsur sengaja terpenuhi,” beber Chandra.

Oleh karena itu, Chandra mendorong pihak kepolisian segera bertindak.

“Saya mendorong aparat penegak hukum untuk segera melakukan tindakan agar tidak menimbulkan ketegangan sosial,” kata Chandra Purna Irawan.MHD

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.